5 Jenis Makanan Pemicu Kadar Gula Darah Tinggi

5 Jenis Makanan Pemicu Kadar Gula Darah Tinggi

Gula Darah Tinggi

Salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat adalah diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh kadar gula darah tinggi sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes harus lebih menjaga asupan makanan terutama harus menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Berikut adalah daftar makanan yang dapat memicu naiknya gula darah:

  1. Keju

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang mengandung lemak jenuh dan juga resistensi insulin. bagi penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari konsumsi keju karena dapat memperburuk keadaan.

  1. Daging merah

Daging merah tidak hanya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung saja tetapi juga dapat memperburuk penderita diabetes karena meningkatkan resistensi kerja insulin. Agar tubuh tetap sehat dan bugar maka sebaiknya kurangi konsumsi daging merah.

  1. Mie instan

Mie instan merupakan salah satu jenis makanan favorit masyarakat karena lebih praktis dan rasanya juga lezat. Tetapi dalam sebungkus mie instan terdapat berbagai zat seperti pengawet dan penyedap yang dapat mengganggu kesehatan. Mie instan dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, diabetes, dan lainnya jika dikonsumsi secara terus menerus. Sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi mie instan agar tubuh tetap sehat terhindar dari penyakit mematikan.

  1. Makanan berminyak

Makanan berminyak pada umumnya adalah makanan yang digoreng seperti gorengan. Makanan berminyak mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit. Bagi penderita diabetes sebaiknya hindari konsumsi makanan berminyak dan gantilah dengan makanan yang dikukus karena lebih sehat.

  1. Nasi

Nasi merupakan sumber karbohidrat tinggi sebagai energy untuk tubuh, tetapi kandungan karbohidrat sederhana dalam nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi nasi dan menggantinya dengan makanan berkarbohidrat rendah lainnya. Mengkonsumsi nasi dalam jumlah besar juga dapat meningkatkan resiko obesitas yang dapat memicu terjadinya penyakit lainnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga harus dihindari oleh penderita diabetes. Selain menghindari beberapa jenis makanan diatas, penderita diabetes juga harus mengganti gula biasa dengan Tropicana yang lebih sehat dan dapat menstabilkan kadar gula dalam darah.