Waspadai Tipe-Tipe Dari Diabetes Melitus Ini

Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula dalam tubuh sangat tinggi dan disebabkan oleh sekresi insulin tidak bekerja secara optimal. Tubuh penderita penyakit ini tidak dapat memproduksi atau tidak merespon hormone insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas, sehingga kadar gula dalam tubuh meningkat dan akan mengakibatkan komplikasi jangka pendek maupun jangka lebih panjang.

 

Berikut dibawah ini beberapa tipe-tipe dari diabetes yang harus diwaspadai

 

1. Berumur diusia kurang 30 tahun

Waspadai Tipe-Tipe Dari Diabetes Melitus Ini, 1. Berumur diusia kurang 30 tahun

Diabetes mellitus dapat dikategorikan menjadi dua tipe, yang pertama adalah tipe 1 yaitu biasanya gejalanya terjadi pada usia sebelum 30 tahun, namun penyakit ini dapat muncul kapan saja dan pasienbiasanya dan memerlukan insulin dari luar tubuhnya untuk kelangsungan hidup penderita. Sedangkan untuk tipe 2 baisanya dialami oleh penderita di usia 30 lebih dan pasien tidak begitu tergantung dengan insulin dari luar tubuhnya, terkecuali dalam keadaan darurat.

 

2. Gaya hidup yang tidak sehat

Waspadai Tipe-Tipe Dari Diabetes Melitus Ini, 2. Gaya hidup yang tidak sehat

Penyakit diabetes tipe 2 saat ini semakain meningkat karena gaya hidup yang kurang sehat, tubuh dipaksa untuk tidak melakukan aktivitas olah rga dan asupan makanan tidak terkontrol dengan baik, sehingga menimbulkan gejala penyakit yang serius. Yang terpenting adalah dengan melakukan pemeriksaan denga dokter untuk mengontrol gula darah dlam tubuh dan apabila ada gejala-gejalanya, maka segera ditangani dengan pengobatan yang baik. Apabila merasa ada gejala-gejala yang tidak lazim dialami maka segera lakukan pemeriksaan kepada dokter. Gejala tersebut seperti kesemutan di bagian kaki terutama pada malam hari tidak bisa tidur karena kesemutan tersebut dan ketika pagi-pagi kaki menjadi pegal, kemudian merasa haus, lapar, dan selalu buang air kecil dan menimbulkan dehidrasi karena banyak cairan dalam tubuh yang keluar, sehingga ada perubahan tertentu dari fisik dan mental.

Perawatan diabetes tipe 1 harus secara continue. Perawatan tidak akan memengaruhi aktivitas-aktivitas normal apabila kesadaran yang cukup, perawatan yang tepat, dan kedisiplinan dalam pemeriksaan dan pengobatan dijalankan harus dilakukan secara rutin sampai tingkat penyembuhan yang lebih baik.

Diabetes tipe 2 biasanya, diobati dengan cara perubahan aktivitas fisik seperti melakukan olahraga, diet untuk pengurangan asupan karbohidrat yang masuk kedalam tubuh. Tetap ikuti segala prosedur dalam pengobatan, karena dengan hidup sehat, akan terasa bahagia.