Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Secara Alami

Organ pencernaan merupakan salah satu yang penting bagi tubuh kita. Pasalnya dari situlah proses makanan yang kita makan diproses dan selanjutnya akan disalurkan kebeberapa organ tubuh yang membutuhkan nutrisi. Mengingat sungguh vitalnya peran dari sistem pencernaan, sudah seharusnya jika kita mulai menjaganya. Salah satunya ialah selalu menjaga asupan makanan yang kita konsumsi. Sebab kebanyakan kasus, terganggunya sistem pencernaan dikarenakan kesalahan makan dan pola hidup yang buruk. Berikut ini ada beberapa tips dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan secara alami yang perlu anda simak.

1. Usahakan untuk makan teratur.

Apakah anda sering telat makan? Kebiasaan itulah yang menjadi penyebab terjadinya gangguan pada lambung, seperti maag, dll. Untuk itulah anda perlu mengetahui jadwal makan yang benar. Selalu usahakan anda makan tepat waktu, mulai dari pagi, siang, hingga malam. Selalu perhatikan pula asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Upayakan minum 8 gelas per-hari.

Tidak hanya baik bagi organ ginjal, air putih ternyata juga memiliki khasiat bagi pencernaan kita. Peran air putih didalam pencernaan ialah membantu melarutkan atau mendorong makanan masuk ke lambung. Untuk itulah, anda perlu mengkonsumsi air sesuai dengan anjuran para ahli, yaitu minimal sekitar 8 gelas per-hari.

3. Perbanyak makanan kaya serat.

Untuk bisa selalu menjaga sistem pencernaan, anda juga harus bisa membedakan makanan yang baik dan buruk. Batasi asupan lemak pada tubuh, karena tubuh tidak begitu membutuhkan lemak terlalu banyak. Makanan yang baik bagi pencernaan sebenarnya makanan yang memiliki kandungan kaya akan serat, seperti sayur dan buah-buahan.

4. Jadwalkan untuk olahraga.

Untuk bisa mengontrol lemak penyebab berat badan berlebih, anda juga perlu meluangkan waktu tiap harinya untuk berolahraga. Seperti yang kita ketahui, berat badan yang berlebih juga akan mengganggu sistem metabolisme dan pencernaan dalam tubuh kita.

5. Konsumsi probiotik.

Mengkonsumsi probiotik merupakan salah satu yang tepat untuk bisa membantu sistem pencernaan. Bakteri yang terkandung pada probiotik mampu membantu sistem pencernaan secara alamiah. Anda bisa mengkonsumsi probiotik yang terdapat pada kemasan yogurt atau susu fermentasi.