Tips Menjaga Kesehatan Persendian

Tips Menjaga Kesehatan Persendian

Persendian adalah bagian dari tubuh yang jangan sampai terlewat untuk dijaga kesehatannya. Seperti yang kita tahu bahwa persendiaan adalah bagian dari gerak dan persendian yang sehat menjadikan tubuh kita pun bisa bergerak dengan lebih bebas, menekuk, berputar serta melakukan aktivitas lainnya dengan lebih nyaman. Persendian adalah area diantara dua tulang yang berkaitan. Letaknya antara lain adalah di tanfgan, diku, lutut, pangkal paha, tangan, bahu, tulang belakang, panggul, rahang, kaki, tulang selangka serta juga tulang dada. Dengan langkah perawatan yang tepat tentunya kita bisa menjaga kesehatan persendian dengan baik sehingga juga berbagai aktivitas gerak bisa berlangsung baik. Mengingat bahwa seiring dengan usia yang bertambah, tulang dapat lebih rawan mengalami masalah yang bisa membuat reaksi pada rusaknya persendian seperti radang sendi. Lalu seperti apa cara terbaik untuk menjaga kesehatan persendian ? Berikut ini tipsnya :

Banyak bergerak namun jangan berlebihan. Seseorang yang minim gerak membuat sendi jadi kaku. Namun berbeda dengan orang yang lebih banyak gerak seperti rutin berolahraga, ini akan membantu untuk menjaga otot-otot pada sekitar sendi tetap kuat serta berfungsi secara baik. Dengan gerak banyak yang cukup pun dapat menjaga fungsi sendiri untuk meminimalisir terjadinya kecacatan pada penderita radang sendiri. Tapi ingat, banyak bergerak bukan berarti bergerak secara berlebihan ya. Ada juga aturan waktu untuk berolahraga karena terlalu sering olahraga juga tidak baik untuk kesehatan persendian. Paling tidak sehari berolahraga 30-60 menit.

Jaga postur tubuh dengan baik. Dalam melakukan berbagai aktivitas, posisikan postur tubuh dalam kondisi yang baik. Ini adalah langkah yang efektif untuk menjaga kesehatan persendian. Postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri dan berjalan adalah posisi dimana tulang punggung lurus sejajar supaya berat badan terbagi secara merata. Ditambah juga supaya tubuh seimbang. Posisi postur tubuh yang disarankan adalah pundak sejajar, dada tegak, lalu perut ditarik sedikit ke dalam serta telapak kaki menghadap kedepan.

Menjaga berat badan agar tetap ideal. Bukan hanya menjaga postur tubuh tetap baik, cara lainnya untuk menjaga kesehatan persendian adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebih bisa berakibat persendian lemah dan rawan mengalami kerusakan. Terlebih pada persendian yang menahan berat badan seperti pinggul, punggung seta lutut.