Tips Menjaga Kesehatan Otak

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Semuanya pasti sudah tahu bagaimana pentingnya organ otak bagi kelangsungan hidup manusia. Bagaimanapun juga melalui otak itulah kita bisa berfikir pandai. Mengingat sangat vitalnya organ tersebut untuk hidup manusia, sudah sewajarnya jika kita mulai untuk memperlakukan otak secara sehat. Simaklah beberapa tips dalam menjaga kesehatan otak secara sehat berikut.

1. Ketahuilah makanan yang baik untuk otak.

Untuk bisa selalu menjaga kesehatan otak, kita juga harus tahu suplai makanan yang seperti apa yang baik untuk otak. Otak memerlukan nutrisi yang bisa mngembalikan volume seperti semula. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh otak ialah omega-3. Biasanya kandungan omega-3 tertinggi terkandung pada makanan yang berjenis ikan laut.

2. Perbanyak air putih.

Seperti yang kita ketahui, 75% bagian dari otak terdiri dari cairan. Untuk itulah, otak harus terhidrasi dengan cukup. Bagaimanapun juga fungsi air putih juga sangat vital bagi kesehatan otak. Suplai cairan yang didapat dari air putih dapat membantu mengembalikan volume otak, sehingga kemampuan berfikir dapat berfungsi dengan baik kembali.

3. Optimalkan waktu tidurmu.

Mungkin buat anda yang suka begadang, mulailah untuk segera menghilangkan kebiasaan buruk satu ini. Begadang hanya akan membuat tingkat kecerdasan otak menurun. Cara memperlakukan otak secara baik ialah dengan mengistirahatkan otak secara cukup. Buatlah tidurmu secara berkualitas pada hari-harimu.

4. Kesehatan jantung sama berartinya dengan kesehatan otak.

Mengapa poin yang nomor empat saya tulis demikian? Seperti kita ketahui, jantung merupakan salah satu organ yang tugasnya menyuplai oksigen kebeberapa bagian tubuh, salah satunya ialah otak. Untuk itulah, mengingat sangat vitalnya fungsi jantung bagi otak, ada baiknya jika anda selalu merawatnya dengan baik.

5. Manfaatkan waktumu untuk liburan.

Liburan dipercayai mampu untuk merilekskan otak dan mengurangi tingkat hormon penyebab stres. Untuk itulah, liburan juga sangat penting bagi hidup kita. Selain dapat membuat otak menjadi lebih fres, liburan juga mampu membantu mengembalikan volume otak yang hilang akibat rutinitas pekerjaan yang sangat padat.