Tips mengatasi diabetes

Tips mengatasi diabetes

Pada dasarnya mengatasi penyakit diabetes dilakukan untuk mengatur kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah munculnya infeksi yang lebih parah. Kondisi tersebut menjadi dasar dari pengobatan yang harus dilakukan bagi penderita penyakit diabetes. Ada dua tipe diabetes yang dikenal yaitu diabetes Tipe 1 dan 2. Kedua diabetes tersebut membutuhkan pengobatan yang berbeda. Akan tetapi banyak orang yang salah saat memilih pengobatan yang tepat untuk diabetes.
Pada dasarnya pengobatan untuk mengatasi penyakit diabetes dilakukan dengan beberapa cara. Banyak orang yang memilih jalur pengobatan dengan obat yang diminum atau dengan suntikan insulin. Cara tersebut tidaklah salah dan juga baik untuk diplih sebagai cara mengobati diabetes. Berikut tips mengatasi diabetes meliputi beberapa tahap diantaranya yaitu :
1.Perhatikan obat yang dikonsumsi
Obat yang dikonsumsi sebagai cara untuk mengobati penyakit diabetes. Biasanya disediakan dengan sejumlah insulin yang harus terus diberikan kepada penderita diabetes. Pengobatan ini dilakukan untuk penderita penyakit diabetes tipe 1. Sementara pengobatan juga dilakukan untuk beberapa penderita diabetes tipe 2. Akan tetapi tidak kepada semua penderita. Karena biasanya suntikan insulin membutuhkan biaya yang cukup mahal.

2.Perhatikan asupan makanan
Penyakit diabetes tipe 1 dan 2 bagi penderita membutuhkan pengaturan makanan yang khusus. Banyak orang yang memilih jenis makanan tanpa mengatur porsi makannya. Tindakan seperti itu sama sekali tidak akan memberikan efek untuk pengobatan. Jadi tindakan yang paling tepat adalah dengan mengatur jenis makanan, waktu makan dan porsi makan. Makanan untuk diet terencana yang khusus ditujukan bagi penderita penyakit diabetes dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit diabetes.

3.Perhatikan aktivitas fisik
Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga menjadi salah satu tips mengatasi diabetes yang penting untuk dilakukan. Terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Diabetes biasanya menyebabkan beberapa penyakit komplikasi seperti serangan jantung, stroke hingga hipertensi. Olahraga ringan selama 30 menit dalam sehari dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghindari komplikasi yang disebabkan oleh penyakit diabetes.