Teh Daun Sirsak Yang Berkhasiat

Teh Daun Sirsak

Manfaat buah sirsak akhir-akhir ini semakin banyak terdengar di kalangan penggemar teh. Buah ini ternyata memiliki kandungan yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Pada beberapa penelitian, ekstrak buah sirsak telah diuji coba pada pasien kanker dan hasilnya kesehatan mereka semakin membaik. Dalam meracik teh sirsak ini yang digunakan bukanlah buahnya melainkan daunnya.

Manfaat buah sirsak dapat digunakan sebagai salah satu konsumi buah-buahan sedangkan manfaat daun sirsak berguna untuk melindungi Anda dari sel-sel kanker berbahaya. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam meracik teh daun sirsak yang mudah dan praktis.

  1. Pilihlah daun sirsak yang tidak terlalu muda atau tua, seleksi daun yang memiliki bentuk sempurna dan tanpa bekas gigitan ulat.
  2. Bersihkan daun sirsak dengan air hangat dari kotoran yang menempel seperti tanah dan debu.
  3. Tiriskan daun sirsak dengan diangin-anginkan.
  4. Setelah sisa air hilang, potong daun sirsak menjadi kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar kandungan dalam daun sirsak dapat keluar dengan mudah saat diseduh.
  5. Keringkan daun sirsak yang telah dijemur selama 4-5 hari hingga memiliki kandungan air yang tidak lebih dari 8 persen. Daun harus terus dibolak-balik pada proses penjemuran agar daun mengering dengan rata. Anda juga dapat menggunakan oven dengan suhu 60C selama 30 menit.
  6. Setelah daun dijemur hingga kadar airnya pas, teh daun sirsak siap untuk dikonsumsi dengan seduhan 200ml air.