Seluk-beluk Penyakit yang Disebabkan oleh Virus – Kanker

penyakit yang disebabkan oleh virus kankerpenyakit yang disebabkan oleh virus kanker

Sebenarnya, karakteristik dari virus sendiri ialah mereka ini berkembang biak hanya di dalam organisme hidup. Ini adalah sebuah alasan mengapa mereka hadir dimana-mana. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini ternyata kebanyakan bersifat menular dan berbahaya. Salah satu penyakitnya ialah kanker. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui tentang adanya penyakit ini beserta langkah mengambil tindakan yang diperlukan untuk mereka.

Hingga sekarang ini saja, kanker menjadi salah satu penyakit mematikan utama di dunia setelah penyakit jantung. Jumlah dari penderita kanker ini juga terus menerus mengalami penambahan dengan jumlah yang sangat cepat. Terlebih penyebab utama kanker ini belum dapat ditemukan. Para medis pun hingga sekarang ini belum dapat menemukan virus penyebab kanker ini, agar pengobatan yang nantinya dilakukan bisa dijalankan dengan lebih efektif.

Kanker sendiri ialah penyakit yang disebabkan virus yang diakibatkan karena berubahnya pertumbuhan sel yang berada di jaringan tubuh diluar normal. Jika sel ini tumbuh dalam kapasitas yang normal, tentu pertumbuhan sel kanker akan wajar, namun yang sangat mengerikan ialah sel kanker bisa menginfeksi sel normal menjadi abnormal serta menjalar ke bagian tubuh yang lain. Abnormalitas tumbuhnya sel ini di penderita kanker terjadi banyak faktor. Salah satu faktornya ialah keturunan, dan terkena radiasi radioaktif. Faktor ini pula lah yang dikenal menjadi faktor resiko dan bukan penyebab dari adanya kanker.

Penyakit yang disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus atau yang sering disebut dengan HPV. Virus ini memang sebagai salah satu penyebab kanker serviks. Ada banyak sekali tipe virus HPV yang hingga sekarang sudah di ketahui. Bila sel jaringan tubuh sudah terinfeksi virus yang satu ini nantinya sel tubuh akan berkembang dengan cara yang kurang normal. Akan tetapi proses dari transformasi atau pun metastasis sel yang sudah terinfeksi HPV ini memerlukan waktu yang begitu lama, yakni 10 hingga 20 tahun lamanya. Selama proses ini, tumbuhnya sel yang tidak normal akan mengalami kenaikan dan penurunan, terkadang ia akan aktif dan terkadang akan menurun.