Sama-sama Menyegarkan Tapi Beda, Inilah 5 Perbedaan Matcha dan Green Tea!

green tea

green tea

Green tea (teh hijau) dan matcha adalah diantara minuman yang populer saat ini. Kedua-duanya menjadi favorit karena rasanya yang enak, harga yang tidak terlalu mahal, dan banyak yang menjualnya baik di restoran atau di cafe.

Walaupun keduanya berasal dari tanaman yang sama bernama Cameliia sinensis, sering dijual bersamaan, dan sama-sama menyegarkan, namun ternyata ada bedanya lho!

Baca Juga :

Perbedaan mendasar dari kedua jenis minuman ini adalah pada cara pengolahan dan hasil warna yang diperoleh. Selain itu banyak perbedaan lainnya, yuk mari kita telusuri bersama:

1. Perbedaan Tekstur

Matcha memiliki tekstur berupa bubuk halus karena melewati proses yang berbeda dengan green tea. Matcha diproses dengan penutupan daun teh selama 20 sampai 30 hari supaya terlindung dari sinar matahari  sampai akhirnya bisa dipanen.

Dengan adanya proses ini, asam amino yang ada di klorofil daun meningkat dan hal ini membuat warna daun menjadi lebih gelap. Daun matcha juga dikeringkan lebih cepat supaya warna hijaunya tetap terjaga. Setelah dipanen, batang dan urat daun akan dipisahkan oleh petani kemudian ditumbuk dengan batu hingga sangat halus.

Matcha yang teksturnya berupa bubuk halus biasanya digunakan juga sebagai bahan masakan, mulai dari bahan campuran kue, puding, minuman latte, es krim, dan hidangan penutup lainnya.

Sedangkan green tea ketika kita akan menyeduhnya biasanya masih berbentuk potongan-potongan bubuk teh sebagaimana yang biasa kita lihat. Tidak cukup kita seduh, namun kita juga perlu menyaring ampasnya, tidak seperti matcha yang tidak memiliki ampas. Green tea juga jarang diolah menjadi bubuk halus, jika diolah menjadi bubuk halus pun akan menghasilkan warna yang berbeda dengan matcha.

2. Warna yang berbeda

Selain perbedaan tekstur, ada juga perbedaan warna hasil dari proses pengolahan seperti yang telah disebutkan. Warna matcha cenderung lebih hijau dan kental, sedangkan green tea memiliki warna kekuning-kuningan. Kalau kita coba seduh hasilnya juga memiliki perbedaan warna yang cukup tampak, Green tea akan terlihat seperti teh biasanya namun dengan kebeningan warna yang lebih.

3. Harga

Green tea bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan matcha, apalagi kalau kamu beli di restoran atau cafe dalam bentuk minuman yang sudah jadi dan siap minum. Matcha juga dijual dengan variasi harga yang bermacam-macam dengan melihat jenis matcha tersebut.

4. Beda Manfaat

Matcha memiliki kelebihan yang bermanfaat bagi tubuh yang lebih banyak jika dibandingkan dengan green tea. Matcha mengandung poliphenois, antioksidan, kafein yang lebih banyak, serta L-Theanine. Berdasarkan penelitian, kandungan ini bermanfaat bagi tubuh untuk membantu pembakaran lemak, kesehatan jantung, menghalangi munculnya kanker, pelangsing badan, menangkal radikal bebas, memperbaiki sel tubuh, serta stimultan bagi mental yang lebih sehat.

Lebih lanjut lagi, kandungan antioksidan dalanm secangkir matcha bisa diibaratkan dengan tiga cangkir teh hijau. Selain itu kandungan klorofil pada matcha yang lebih banyak dibanding green tea menghasilkan daya detoks yang pada matcha yang lebih baik dibandingkan dengan teh hijau.

5. Perbedaan cara konsumsi

Matcha dikonsumsi secara keseluruhan dari daun teh hijau yang telah dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk halus. Sedangkan green tea memiliki ampas yang harus dibuang jika kamu seduh. Meski begitu, mengkonsumsi keduanya sama-sama nikmat!

Nah, setelah mengetahui perbedaan matcha dan green tea, kamu mau pilih yang mana sobat? Tentunya itu bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu karena keduanya sama-sama menyegarkan dan memiliki manfaat.