Resiko Jika Tidak Segera Dilakukan Cara Mengobati Diabetes

Resiko Jika Tidak Segera Dilakukan Cara Mengobati Diabetes

Menerapkan cara hidup sehat harus dilakukan oleh setiap orang karena jika tidak diterapkan akan meningkatkan resiko terkena penyakit berbahaya. Salah satu pencegahan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengandung banyak gula melebihi kebutuhan gula yang diperlukan tubuh sehari-hari atau dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori misalnya Tropicana Sweetener Classic. Jika gula dalam tubuh meningkat diambang batas normal, Anda dapat beresiko tinggi terkena diabetes atau kencing manis dan harus segera melakukan cara mengobati diabetes agar tidak timbul masalah yang lebih parah.

Jika tips mengobati diabetes tidak dilakukan dengan benar terutama yang disarankan oleh dokter, akan timbul komplikasi dalam tubuh. Komplikasi kencing manis dapat bersifat :

  • Kronis karena adanya perubahan pada pembuluh darah di berbagai area atau bagian tubuh.
  • Komplikasi akut dapat terjadi karena kekurangan insulin yang akan menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah ke tingkat yang sangat tinggi yang melebihi batasan normal. Komplikasi ini mencangkup infeksi berulang dan ketoasidosis diabetik.

Resiko lainnya yang mungkin dapat timbul yaitu :

  • Ketoasidosis diabetik atau koma yang merupakan kondisi darurat yang jika tidak ditangani dengan tepat waktu dapat menyebabkan kematian.
  • Infeksi karena pertumbuhan bakteri disebabkan kadar glukosa tinggi, mekanisme sistem imun yang menurun dan komplikasi.
  • Penyakit pada pembuluh darah dan jantung misalnya pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Jika cara mengobati diabetes salah dan tidak dilakukan dengan tepat waktu, dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada tubuh, diantaranya yaitu :

  • Kerusakan pada ginjal karena pengaruh di pembuluh darah kecil di ginjal. Kerusakan ini dapat menyebabkan albumin dalam urin keluar. Diabetes tipe I lebih banyak menyebabkan kerusakan pada ginjal dibandingkan dengan diabetes tipe II.
  • Kerusakan pada mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian atau seluruhnya.
  • Kerusakan syaraf yang disebut dengan neuropati dan hampir 70% penderita mengalami berbagai macam tingkat dari kerusakan syaraf. Gula darah tinggi dapat merusak serat syaraf dan juga lapisan lemak yang ada di sistem syaraf. Akibatnya akan kehilangan sensasi rasa sakit di bagian yang terkena dan dimulai dari jari kaki.