Ragam Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Ragam Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Tropicanaslim.com – Ragam makanan, menurunkan kolesterol – Kolesterol tinggi dalam darah harus dihindari karena dapat menyebabkan beragam penyakit seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes. Cara menurunkan kolesterol yang umum dilakukan adalah dengan mengonsumsi aneka makanan yang dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Beberapa di antaranya ada di bawah ini.

  1. Pertama adalah beras merah. Dalam beras ini terkandung magnesium, selenium, vitamin B serta fitonutrien. Beras merah juga dapat digunakan untuk menurunkan lemak di dalam darah. Kandungan seratnya tinggi sehingga dapat menurunkan gula darah.
  2. Kedua ada gandum. Gandum merupakan salah satu bahan sereal bergizi yang bisa menurunkan kolesterol serta mengatur gula darah. Gandum dapat ditemukan dalam roti yang berbahan utama gandum.
  3. Ketiga, konsumsilah bayam. Sayuran hijau ini tidak hanya kaya akan zat besi namun juga zat lutein. Salah satu manfaatnya adalah untuk kesehatan mata. Bayam juga dapat melindungi jantung dari tumpukan lemak dalam darah. Bayam dapat dimasak menjadi sup ataupun dibuat jus.
  4. Keempat adalah seledri. Seledri dapat menurunkan resiko penyakit jantung serta mencegah terjadinya oksidasi LDL.
  5. Kelima adalah buncis. Sayuran ini rendah lemak dan merupakan sumber dari karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes.
  6. Terakhir adalah kedelai. Kedelai dan juga produk olahan lain dari kedelai seperti tempe, tahu serta susu kedelai merupakan penurun kolesterol yang sangat ampuh. Di dalamnya terkandung isoflavon yang dapat menekan kadar kolesterol jahat atau LDL. Makanan dengan bahan utama kedelai sebaiknya dimasak menggunakan minyak zaitun, bukan minyak biasa.

Di samping mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL di atas, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berolahraga serta istirahat secara teratur. Cara lain yang bisa digunakan untuk menekan kolesterol dalam darah adalah dengan mengonsumsi gula rendah kalori Tropicana. Tropicana juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes atau apabila kita hendak menurunkan berat badan karena rendah kalori dan kolesterol sehingga lebih menyehatkan dibanding gula biasa. Semoga informasi di atas membantu.