Penyebab Penyakit Disentri dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit disentri

Penyakit disentri adalah salah satu penyait yang menyerang usus, penyakit ini menyebabkan penderitanya mengalami diare atau buang air besar yang disertai dengan lendir ataupun darah berkali-kali atau lebih dari 3 kali dalam sehari. Disentri ini cukup berbahaya selain dapat mengurangi cairan tubuh dalam jumlah yang banyak, juga dapat menyebabkan kematian. Terlebih lagi penyakit disentri ini dapat menular dengan cepat. Sehingga dapat mengancam orang-orang yang berada disekitarnya ikut tertular.

Penyebab penyakit disentri pada umumnya adalah akibat lingkungan yang kotor, kekurangan air bersih, makanan dan minuman yang terkontaminasi, dan juga udara yang tercemar. Namun sebenarnya penyakit ini tersebar oleh bakteri yang bernama bakteri shigella. Bakteri ini masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi. Bakteri ini juga dapat dibawa oleh lalat yang berasal dari tempat yang kotor sehingga bakteri menempel pada tubuhnya dan membuat bakteri tersebut berpindah pada tempat yang ia hinggapi. Sedangkan kenyataannya lalat sangat suka hinggap pada makanan maupun gelas minuman.

Bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan itu tadi akan masuk pula kedalam organ pencernaan dan mengganggu kerja organ pencernaan tersebut terutama pada bagian usus. Bakteri tersebut dapat membuat usus menjadi mengalami peradangan sehingga usus terluka dan menimbulkan darah sehinnga saat membuang air besar darah juga ikut keluar bersamanya. Selain itu anda juga akan merasakan nyeri pada bagian perut anda yang cukup menyiksa.

Selanjutnya cara mencegah penyakit disentri adalah dengan cara menjaga lingkungan agar tetep bersih. Selain itu juga menjaga makanan dan minuman selalu higienis dan tidak tercemar oleh kuman. Mencuci tangan sebelum memegang makanan juga penting adanya. Hal ini akan membuat makanan anda terjaga kebersihannya dari kuman atau bakteri yang menempel pada tangan yang kotor. Cucilah tangan anda menggunakan sabun anti bakteri setiap sebelum makan, dan jangan lupa untuk mengajarkan anak anda ikut melakukannya pula. Pilih sabun cair anti bakteri atau anda dapat langsung membeli sabun Lifebouy untuk keluarga anda.