Penyebab Mata Minus

menjaga kesehatan mata

Mata minus atau mata yang terkena gangguan dan rabun saat melihat hal yang jauh memang sudah sangat sering kita temukan. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memakai kacamata setiap harinya Bagi sebagian orang yang menderita mata minus pasti sudah mengetahui mengapa mereka menderita hal tersebut. Namun, ada beberapa orang yang tidak tahu apa yang bisa menyebabkan mata mereka menderita minus. Maka untuk itu, Anda perlu menghindari penyebab-penyebab mata minus tersebut dan menengah secepatnya. Berikut adalah penyebab-penyebab mata dapat menderita minus.

1.Kebiasaan yang Buruk

Kebanyakan dari orang bermata minus melakukan kebiasaan yang buruk yang dapat merusak mata. Misalnya, mereka terbiasa untuk menonton televisi atau menonton dengan ponsel dalam posisi tiduran, ada pula yang membaca buku dalam gelap dan saat membaca, jarak mata dan buku kurang dari 30 cm, dan lain sebagainya. Jika Anda terbiasa melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, tidak heran jika mata Anda menderita minus. Jadi jika tidak mau menderita minus, ada baiknya jika Anda mengubah kebiasaan itu.

2.Pola Makan yang Tidak Baik

Masyarakat sudah sibuk sendiri dengan urusannya sehingga mereka tidak memperhatikan makanan apa yang mereka makan. Mereka tidak memperhatikan gizi dan vitamin yang terkandung dalam makanan tersebut dan hanya ingin mengonsumsi makanan yang sedap seperti fast food, dan makanan lainnya yang tidak baik untuk tubuh serta mata Anda. Jika tidak mau menderita minus, Anda harus memperhatikan makanan yang dimakan dan kalau bisa konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A dan C yang tinggi.

3.Keturunan

Jika ada keluarga terdahulu Anda yang memiliki mata minus atau bahkan orang tua Anda menderita minus, maka ada kemungkinan yang cukup besar jika Anda juga akan menderitanya. Meskipun tidak selalu semua keturunan bermata minus pasti menderita hal yang sama juga, tapi ada baiknya jika Anda mewaspadainya. Lebih baik Anda mencegah terkena mata minus dengan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat terutama mengandung vitamin A yang baik untuk mata.