Penyebab Diabetes Melitus yang Harus Diketahui Sekarang

Penyebab Diabetes Melitus yang Harus Diketahui

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang terbilang berbahaya serta harus segera mendapatkan penanganan. Hal ini karena diabetes melitus mampu memicu aneka komplikasi penyakit mulai dari gangguan pencernaan sampai dengan jantung dan juga stroke. Penyebab diabetes melitus sendiri sangat beragam dan penting juga untuk diketahui. Diabetes melitus sendiri terjadi karena adanya pengaruh glukosa yang ada di dalam darah dengan kadar terlalu tinggi. Hal ini akan menyebabkan tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara baik. Diabetes melitus umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia tiga puluh tahun ke atas.

Penyebab diabetes melitus yang pertama adalah hasil insulin dalam tubuh yang tidak cukup guna mengakomodasi kadar gula serta sel dalam tubuh juga tidak merespon insulin. Hal ini biasanya diakibatkan karena kandungan lemak dalam tubuh yang terlalu besar, contohnya karena malas bergerak sehingga tubuh kelebihan berat badan. Kurangnya insulin ini juga bisa karena faktor kekurangan gizi sejak anak-anak. Ada baiknya apabila sejak usia dini anak sudah menerima gizi yang cukup dan seimbang dalam menu makanan sehari-harinya. Hal ini guna mencegah terjadinya diabetes melitus saat ia dewasa nanti.

Diabetes melitus juga bisa disebabkan karena adanya faktor genetik atau keturunan. Dalam penyebab diabetes melitus yang satu ini, orangtua dengan diabetes melitus akan sangat mungkin menurunkan penyakit ini kepada anaknya. Seorang ibu dengan diabetes melitus akan menurunkan penyakit pada anak laki-lakinya sementara ayah penderita diabetes melitus akan menurunkan penyakit pada anak perempuannya. Oleh karena itu apabila terdapat riwayat diabetes melitus dalam keluarga, segera terapkan pola hidup sehat dan kurangi konsumsi gula, karena resiko lebih besar pada anak yang orangtuanya menderita diabetes.

Diabetes dapat disebabkan juga karena seseorang kelebihan berat badan alias obesitas. Kurang bergerak dan terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi akan sangat mungkin menjadikan seseorang memiliki berat badan berlebih. Orang dengan kelebihan berat badan umumnya akan lebih mudah terkena diabetes melitus. Agar tidak terkena diabetes melitus, mulai sekarang terapkan pola hidup yang sehat serta berolahragalah secara teratur. Penyebab diabetes melitus yang lainnya adalah kadar kortikosteroid yang terlalu tinggi sehingga memungkinkan seseorang untuk terkena penyakit ini.

Penerapan pola hidup sehat memang sangat penting agar kita tidak mudah terserang penyakit, salah satunya diabetes melitus. Konsumsi buah dan sayur secara teratur, hindari makanan berlemak dan gorengan, kurangi junk food, rokok serta alkohol dan berolahragalah minimal tiga kali dalam seminggu. Cara lain yang bisa ditempuh ialah dengan mengganti produk gula yang biasa dikonsumsi sehari-hari dengan gula rendah kalori. Tropicana bisa menggantikan gula konvensional agar kita terhindar dari penyakit ini. Demikian beberapa penyebab diabetes melitus yang perlu untuk kita ketahui.