Pentingnya Mencuci Tangan Pakai Sabun Untuk Kesehatan

cuci tangan pakai sabun

Kegiatan cuci tangan pakai sabun terkesan sepele sehingga banyak orang melewatkannya saat sebelum atau setelah melakukan berbagai aktivitas. Meskipun kegiatan ini sangat ringan dilakukan, namun ternyata mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy yang ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit dapat memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kesehatan anda. aktivitas ini menjadi tindakan sanitasi yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan kuman dan bakteri yang biasanya menempel pada tangan, jari dan kuku-kuku kita. Dari semua organ tubuh kita, tangan merupakan agen utama masuknya kuman dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit ke mulut, hidung dan anggota tubuh lainnya melalui makanan dan minuman atau benda-benda yang menempel di tangan baik disengaja atau tidak sengaja. Tidak hanya untuk diri sendiri, tangan juga bisa menjadi media perpindahan kuman dari orang yang satu ke orang lainnya.

Adapun jenis penyakit yang bisa menyerang melalui kuman seperti flu, meningitis, hepatitis A, C yang menyebabkan gangguan fungsi hati, penyakit kulit, serta gangguan usus dan diare. Saat paling baik untuk mencuci tangan dengan sabun adalah sebelum dan sesudah memasak yang dapat mencegah terjadinya risiko menyebarnya bakteri yang dapat menyebabkan makanan tidak sehat atau beracun. Waktu lainnya adalah sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil dan besar, setelah mengganti popok bayi, sebelum menyusui, sebelum memegang buah hati, setelah memegang benda-benda kotor, berdebu, dan berkarat, setelah bermain, setelah bersih-bersih rumah, memegang unggas, setelah batuk, bersih, memegang luka dan setelah belajar.

Cara cuci tangan pakai sabun yang benar adalah menggunakan air bersih yang mengalir, gunakan sabun cair antiseptik dan sabun cair Lifebuoy yang mampu membunuh kuman dan bakteri berbahaya. Berikutnya gosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan kuku lalu bilas kembali dengan air bersih yang mengalir. Terakhir, keringkan dengan lap atau handuk yang bersih.

Tanamkan sejak dini kebiasaan mencuci tangan dengan sabun pada seluruh anggota keluarga anda di rumah untuk mewujudkan hidup lebih sehat dan berkualitas. Jadikan mencuci tangan dengan sabun sebagai gaya hidup yang akan dibawa buah hati hingga mereka tumbuh dewasa.