Pengobatan Luka Pada Penderita Diabetes

Pada  penderita diabetes basah biasanya mempunyai luka. Luka ini agak susah sembuh dan selalu basah. Penyebabnya tentu saja karena kadar gula darah yang tinggi. Pengobatan luka pada penderita diabetes mutlak dilakukan. Hal ini untuk mencegah luka semakin besar dengan infeksi yang semakin parah. Dan tentu saja agar luka bisa sembuh walupun sedikit demi sedikit. Sebagai catatan, pengobatan ini tak hanya tentang cara mengobati tetapi juga dengan cara perawatannya juga. Berikut ini beberapa tips mengobati dan merawat luka pada penderita diabetes :

  1. Cuci dan keringkan kaki atau bagian yang berluka setiap hari. Gunakan sabun yang lembut dan juga air hangat. Jangan gosok bagian yang luka ini karena bisa menyebabkan luka semakin besar. Setelah luka bersih dan kering, oleskan pelembut kulit di kaki bagian bawah untuk mencegah pecah-pecah.
  2. Bagi penderita diabetes Latihlah kaki setiap hari. Sebelum melakukannya, periksa kaki terlebih dahulu secara detil. Baik lukanya, bagian yang terbukanya, bagian yang merah-merahnya bagian jari-jarinya. Pastikan kaki dalam keadaan kering. Jika ada luka basah tutupi luka tersebut dengan perban. Pakailah sepatu.
  3. Rawatlah kuku kaki. Potonglah kuku setelah mandi. Hal ini karena kuku bersifat lunak. Jadi saat dipotong tidak akan sakit. Pastikan untuk memotong secara aman dan tidak sampai memotong jaringan lain selain kuku. Jika takut terjadi sesuatu, minta orang lain, atau bahkan jika perlu datangkan seorang podiatrist (dokter kaki) untuk memotong jari kaki.
  4. Jangan menunda-nunda pengobatan walaupun itu untuk luka yang kecil. Segera melapor kepada dokter bila hal itu terjadi.
  5. Ukur suhu ketiak secara teratur.
  6. Jangan menggunakan pemanas kaki.
  7. Jangan bertumpang kaki.
  8. Berhati-hatilah saat berolahraga. Berjalan adalah contoh olahraga yang baik bagi penderita diabetes. Pastikan memakai sepatu yang nyaman dan tidak berolahraga dengan luka terbuka.
  9. Lindungi kaki dengan kaus kaki. Hindari pemakaian kaus kaki ketat. Pilih dari bahan nyaman seperti katun.
  10. Hindari pemakaian sepatu berhak tinggi.
  11. Jangan memakai sepatu yang terbuka.
  12. Jangan berolahraga dan memakai sepatu lebih dari 1 jam.
  13. Segera ke dokter jika ada kaki yang pecah-pecah, luka baru di kaki, rasa kebas/mati rasa di kaki, terbentuknya kalus, timbul kemerah-merahan, timbul penghitaman di kaki, ada infeksi baru dan berbagai keluhan lainnya.

Itulah beberapa cara pengobatan luka pada penderita diabetes yang meliputi pengobatan dan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *