Olahraga Yang Ideal Untuk Penderita Diabetes

Penyakit yang paling populer di kalangan masyarakat yang disebabkan oleh makanan adalah diaabetes. Penyakit diabetes bahkan bisa menjadi penyakit turun temurun dan akan sukar dikendalikan jika pola makan kurang sehat terus dilakukan. Pola makan dengan makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi. Ya, diabetes adalah penyakit yang diakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah karena hormone insulin tidak ada atau ada namun tidak mampu merubah glukosa dalam darah ke dalam sel. Sehingga terjadi penumpukan glukosa dalam darah. Tanda-tanda yang sering ditemui adalah keinginan untuk minum secara terus menerus, susutnya berat badan, dan frekuensi buang air kecil yang lebih sering.

bersepeda

Selain juga makanan yang harus dijaga oleh penderita diabetes, salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi insulin maka disarankan untuk olahraga. Seperti yang kita ketahui olahraga menjadi salah satu bagian pola hidup sehat yang harus dilakukan secara konsisten. Maka, olahragapun menjadi salah satu cara terapi kesehatan penderita diabetes. Namun, olahraga yang ideal untuk penderita diabetes seperti apa? Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk memakai sepatu yang nyaman. Hal ini untuk melindungi kaki agar tidak terkena benda tajam yang bisa mengakibatkan luka. Kadar glukosa darah yang tinggi pada penderita diabetes akan membuat berkumpulnya virus dan bakteri dan mengakibatkan luka susah untuk disembuhkan. Bahkan amputasi kerap menjadi pilihan untuk kasus seperti ini. Adapun jenis olahraga yang ideal untuk penderita diabetes adalah :

  1. Senam aerobik
  2. Berjalan
  3. Berenang
  4. Bersepeda

Tentu saja akan lebih baik apabila dilakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, karena kondisi masing-masing penderita diabetes tidak sama. Aerobik memberi manfaat dalam pernapasan dan kinerja jantung pun ikut dipacu. Pelaksanaan olahraga dilakukan secara bertahap, jangan langsung dalam waktu yang lama dan menguras energy. Awali dengan sepuluh hingga dua puluh menit terlebih dahulu, 2 hingga 3 kali seminggu. Intensitas ditingkatkan perlahan-lahan. Disamping itu senam diabetes akan memberi manfaat lebih karena tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Olahraga akan meningkatkan metabolisme sel untuk menyerap dan menyimpan glukosa darah. Sehingga tidak terjadi penumpukan dalam darah. Sirkulasi darah pun akan lancar disamping itu olahraga akan mengurangi stress yang merupakan pemicu kenaikan glukosa darah. Pengecekan gula darah secara berkala dan merasakan efektivitas dari olahraga yang dipilih perlu dilakukan agar dapat merasakan olahraga mana yang ideal untuk penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *