Metode Menurunkan Gula Darah

Metode Menurunkan Gula Darah

Kandungan gula dalam darah berperan penting dalam proses metabolisme tubuh manusia. Kandungan gula berperan sebagai sumber energi yang diperlukan setiap sel dalam tubuh manusia. Gula darah pada manusia sehat dan normal selalu konstan pada level tingkatan tertentu. Gula darah akan mencapai level tertingginya beberapa saat setelah makan dan akan mencapai level terendahnya pada pagi hari sebelum seseorang makan. Pengaturan kadar gula darah dipengaruhi dari kerja dua organ yaitu hati dan pankreas. Glukagon mempengaruhi se l- sel pada hati agar merubah gula otot menjadi glukosa yang akan dilepaskan pada peredaran darah sehingga gula darah akan meningkat. Sedangkan jika gula darah tinggi pankreas akan memproduksi hormon insulin yang akan mengubah glukosa dalam darah menjadi gula otot, sehingga dapat menurunkan gula darah.

Pada beberapa kasus pankreas tidak mampu mencukupi kebutuhan insulin atau bahkan tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Kondisi ini dinamakan diabetes, penderita diabetes disarankan mengkonsumsi makanan rendah gula, untuk pemanis penderita dapat menggunakan produk yang tidak memiliki kandungan gula seperti tropicana. Penderita diabetes disarankan berkonsultasi dengan dokter secara rutin dan meminum obat. Anda juga diharuskan mengurangi makanan tinggi karbohidrat, tidak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat berarti dapat menurunkan gula darah anda.

Olahraga rutin dapat membantu, dalam kegiatan berolahraga kadar gula dalam tubuh akan terbakar dikarenakan konsumsi energi dari olahraga cukup tinggi. Anda dapat juga mengkonsumsi beberapa jenis minuman seperti teh hijau, gingseng, kayu manis. Beberapa penelitian mampu membuktikan dengan mengkonsumsi bahan – bahan tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Mengkonsumsi makanan yang mengandung cuka atau anda bisa meminum cuka setelah makan, cuka bisa meningkatkan insulin dan menghambat laju darah. Sebuah studi di Arizona State University telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dan minuman cuka mempunyai kadar insulin dan gula darah yang normal. Jika cara – cara tersebut kurang efektif anda bisa mendapatkan suntik insulin dengan pengawasan ahli agar menurunkan gula darah anda.