Mengenal Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Mengenal Penyakit Diabetes Dan Pencegahannya

Penyakit diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak mampu lagi mengendalikan kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh jumlah insulin sangat sedikit sehingga gula yang berasal dari makanan tidak dapat diubah menjadi energi. Akibatnya gula akan masuk dan menumpuk di pembuluh darah, menyebabkan darah akan mengental dan bergerak lambat.

Penyakit diabetes disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan dan gaya hidup tidak sehat, namun biasanya gaya hidup tidak sehat seperti jarang bergerak dan konsumsi gula berlebih dalam jangka waktu lama menjadi penyebab utama seseorang terkena diabetes. Penyakit ini tidak dapat disepelekan begitu saja karena dapat menyebabkan komplikasi di semua organ tubuh.

Jumlah penderita diabetes semakin banyak saja setiap tahun, untuk itu dengan mengenal bahaya penyakit diabetes dan pencegahannya setidaknya dapat memberikan kesadaran kepada banyak orang untuk peduli terhadap kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Cara Efektif Pencegahan Penyakit Diabetes

Sebenarnya cara mencegah penyakit diabetes dengan menjaga pola makan, usahakan seimbang dan tidak mengandung banyak gula. Ada satu hal yang sering terlupakan yaitu kebiasaan tidak sehat seperti konsumsi makanan berlemak tinggi, berpengawet dan makanan olahan lainnya. Perlu diketahui makanan seperti itulah yang membuat daya tahan tubuh melemah sehingga tidak sanggup menangkal radikal bebas dan akhirnya menyebabkan kelenjar pankreas berkerja tidak optimal.

Karena kelanjar pankreas mengalami penurunan fungsi, akibat yang ditimbulkannya yaitu sekresi hormon insulin menjadi sedikit. Apabila kebiasaan mengkonsumsi gula tidak dihentikan maka penyakit diabates akan muncul. Selain itu banyak bergerak atau bisa juga berolahraga secara rutin dapat mencegah diabetes, lebih bagus lagi jika minum teh hijau karena bertindak sebagai sumber antioksidan alami yang dapat menangkal segala radikal bebas.

Hindari konsumsi gula buatan seperti minuman bersoda, lebih baik ganti asupan gula buatan dengan gula alami yang terdapat pada buah buahan. Gula alami lebih aman dan seimbang sehingga masih aman untuk tubuh, malahan efeknya akan menyehatkan karena buah buahan juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman beralkohol.

Dengan mengikuti saran diatas maka setidaknya dapat menekan peluang terkena diabetes dan penyakit berat lainnya. Namun tetap saja selalu ada peluang kita untuk sakit, jadi sebaiknya bergabung dengan asuransi Futuready untuk proteksi diri anda sekeluarga ketika sedang tertimpa musibah seperti terserang penyakit berat tersebut.