Memenuhi Kebutuhan Gizi Saat Diet dengan Konsumsi Sehat

Makanan Sehat

Menjalankan diet pasti tidak terlepas dari langkah yang tepat dalam mengatur pola makan. Lantas bukan berarti banyak sekali makanan yang ditinggalkan. Ada banyak makanan sehat yang daoat mencukupi kebutuhan gizi ketika sedang diet. Selama mengkonsumsinya juga dalam jumlah yang cukup, masalah berat badan berlebih tidak akan datang. Oleh sebab itulah diet perlu juga diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup seperti olahraga. Nah, kalau kamu baru saja menjalankan program diet dan masih cukup bingung mengenai pilihan konsumsi sehat seperti apa yang dapat mendukung dietmu, berikut ini beberapa diantaranya yang bisa untuk dicoba :

  1. Sayur dan Buah

Konsumsi sehat saat sedang diet yang pertama adalah sayur dan buah, terlebih yang mengandung banyak air. Sebuah penelitian mengungkaokan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan air yang banyak mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah serta lingkar pinggang yang lebih ramping. Hal ini diperkirakan karena air dalam makanan dapat menjadikan perut penuh sehingga memicu untuk konsumsi makanan lain dalam jumlah yang sedikit. Sayur dan buah yang kaya air beberapa diantaranya adalah kubis, brokoli, selada, sampai dengan semangka, apel, dan juga buah pir.

  1. Kelompok Polong-polingan

Kelompok polong-polongan adalah makanan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan. Termasuk baik untuk diet, mengingat bahwa makanan dari kelompok polong-polongan juga kaya akan serat serta lambat untuk dicerna di dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi polong-polongan dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga bisa menghindari resiko makan belebih.

  1. Kelompok Kacang-kacangan

Selain polong-polongan, kacang-kacangan juga kelompok makanan sehat yang dapat mendukung program dietmu. Mengunyah kacang menurut penelitian bisa memberikan efek makan yang lebih sedikit nantinya. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacacng mede sampai dengan kacang walnut dapat dijadikan sebagai camilan sehat saat diet.

  1. Teh Hijau

Tidak hanya makanan saja, minuman sehat yang dapat mendukung program dietmu pun ada cukup banyak dan salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau dapat secara efektif membantu penurunan berat badan, yang mana teh hijau bekerja untuk merangsang tubuh agar membakar lemak. Di dalam teh hijau juga terkandung catechin yang sebagai antioksidan serta flavanoid untuk melawan penyakit.

  1. Ikan

Ikan pun menjadi makanan sehat sumber gizi dan jangan tinggalkan konsumsinya saat sedang diet. Terlebih ikan seperti salmon, tuna dan ikan lainnya yang kaya akan asam lemak omega 3. Ikan-ikan tersebut rendah lemak namun tinggi omega 3 yang bisa membantu untuk melindungi tubuh dari masalah penyakit dan bahkan untuk mengoptimalkan fungsi otak.