Memahami Tahapan Perkembangan Emosi dan Pertumbuhan Anak

Sebenarnya bukanlah hal yang mudah untuk mengetahui perkembangan mental dan emosi pada anak-anak. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan mengetahui bagaimana pertumbuhan anak secara fisik. Terlebih lagi tidak semua sikap tidak baik pada anak, seperti halnya mudah marah dan egois dibiarkan hingga dewasa. Karena hal seperti ini justru hanya akan menyulitkan buah hati anda di masa depan.

Ketika anak-anak mulai tumbuh besar, maka selanjutnya mereka akan mencoba untuk belajar berjalan. Hal seperti ini akan sangat mudah bagi anda untuk mencatat setiap pertumbuhan buah hati anda dan mencatat perkembangannya. Namun ketika mereka mulai enggan untuk bergantian mainan ataupun berbagi bersama temannya, disinilah letak kelalaian anda dalam mengenali perkembangan emosional pada anak anda.

Aspek-aspek yang menyangkut perkembangan emosional anak memang berhubungan erat dengan pemahaman serta kemampuannya dalam mengendalikan emosi. Pada tahap pertumbuhan anak fase ini, buah hati anda dituntut untuk melakukannya sembari mencoba menjaga keseimbangan kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Beberapa tanda dari perkembangan emosional anak yang sehat adalah:

  1. Mampu berinisiatif, bermain dan belajar, serta menemukan hal-hal baru.
  2. Mampu membangun atau menciptakan hubungan dengan orang-orang di sekitarnya.
  3. Selalu berkonsentrasi dan tekun dalam menjalankan sesuatu yang disenanginya.
  4. Mampu untuk mengatur diri sendiri.
  5. Memiliki rentang emosi luas atau tidak mudah lepas kendali emosi.

Pengaruh Mainan Terhadap Pertumbuhan Anak Usia 1 Tahun

Memahami pertumbuhan anak seringkali menjadi hal yang terlewatkan bagi sebagian besar orang tua. Umumnya mereka menggunakan alasan kesibukan, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk memantau pertumbuhan serta perkembangan buah hati mereka. Padahal masa-masa pertumbuhan sangat penting untuk mendukung masa depan anak. Dimana masa pertumbuhan menjadi saat untuk anak mempelajari berbagai hal baru sebagai bekalnya di masa depan.

  • Mainan anak usia 1 tahun
    Bermain memang merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anak-anak. Pasalnya bermain bukan hanya sekedar berguna mengisi waktu anak-anak, akan tetapi juga berfungsi melatih serta membantu pertumbuhan buah hati anda. Baik dalam segi mental maupun fisik. Sehingga anda sebaiknya memilihkan mainan yang lebih sesuai dengan usia buah hati anda. Karena dalam setiap tahapan usia anak anda akan selalu menemukan dan mempelajari hal-hal baru.
  • Walker (alat bantu berjalan untuk anak) 
    Walker yang dilengkapi dengan musik dapat membantu buah hati anda fasih ketika mencoba berjalan. Selain itu salah satu mainan anak usia 1 tahun ini umumnya dilengkapi dengan adanya tombol beraneka warna. Tombol-tombol tersebut akan mengeluarkan musik dan suara jika ditekan. Hal ini akan membantu pertumbuhan anak, karena buah hati anda akan terlatih untuk mengingat tombol mana yang harus ditekan untuk mendapatkan suara yang dia sukai. Tentu saja cara mudah seperti ini akan membantu buah hati anda dalam mengasah kemampuan daya ingatnya.

Artikel Terkait: http://incity.co/bekali-pertumbuhan-anak-dengan-kebaikan-dari-setiap-nutrisi-yang-menyehatkan/