Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan yang Kerap Disepelekan

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan yang Kerap Disepelekan

Kesehatan tubuh sangat erat kaitannya dengan air putih. Tubuh kita sangat membutuhkan air untuk menjaga kesehatan. Faktanya tubuh manusia terdiri dari 55-78% air, sesuai dengan ukuran tubuh kita. Karena meminum air putih secara cukup sangat penting untuk menunjang kinerja tubuh sehari-sehari. Menurut laporan The Institue Of Medicine, air yang sebaiknya dikonsumsi oleh seorang pria per harinya adalah 3 liter atau sekitar 13 gelas, sedangkan untuk wanita adalah 2,2 liter atau sekitar 9 gelas. Kebutuhan air bagi setiap orang sebenarnya tidak sama. Untuk mengecek apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak maka bisa dengan melihat warna urine. Jika warna urin keruh dan tidak jernih maka bisa dipastikan tubuh sedang kekurangan air.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan yang Kerap Disepelekan

Berikut beberapa manfaat air bagi kesehatan tubuh yang terkadang kerap disepelekan. Menambah Tenaga dan Memulihkan Stamina, Meminum air putih ketika beraktifitas yang melibatkan fisik dan otak akan membuat tubuh tidak mudah lelah dan membuat otak lebih fokus. Karena pada dasarnya otak dan tubuh tersusun atas air. Jika tubuh kekurangan air maka otak akan mudah kehilangan konsentrasi dan tubuh menjadi lemas. Mengeluarkan Racun, Meminum banyak air putih akan mempermudah kinerja hati dalam mengurai racun. Dengan meminum banyak air putih racun juga akan mudah keluar dari tubuh melalui keringat dan urin. Sebagai pembersih racun terbaik, air juga akan memecah dan melarutkan garam yang ada pada urin sehingga tidak menimbulkan penyakit batu ginjal. Melancarkan Pencernaan, Kekurangan air akan menyebabkan pencernaan menjadi terganggu. Sembelit atau susah buang air besar akan terjadi jika tubuh kekurangan cairan. Hal ini terjadi karena usus akan menyerap air agar tidak mengalami dehidrasi, sehingga kotoran akan menjadi kering dan keras. Untuk itu perlu konsumsi air putih yang cukup agar pencernaan tidak terganggu. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh, Karena sebagian besar dari tubuh terususn oleh air, maka dari itu sangat penting untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup. Air juga menjadi media tranportasi nutrisi di dalam tubuh. Untuk itu jika anda merasa haus, itu berarti merupakan sinyal dari otak bahwa tubuh kekurangan cairan.

Melihat pentingnya air bagi kesehatan tubuh maka mengkonsumsi air putih secara cukup mutlak dilakukan oleh setiap orang. Kekurangan air akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Meta : tubuh tersusun dari 70% air sehingga sangat memerlukan air putih yang cukup. Kekurangan air akan menyebabkan gangguan yang serius. Manfaat air putih bagi tubuh sangat banyak namun kerap dispelekan.