Makanan yang Meringankan Sakit Flu

makanan dan penyebab sakit flu

Pada saat musim hujan, mungkin Kita sudah sangat familiar dengan adanya sakit flu. Sakit ini memang mudah sekali untuk menyerang. Apalagi bila disaat itu kondisi tubuh Kita sedang tidak fit. Mungkin pada saat sakit, lidah Kita enggan mengonsumsi apapun, Kita hanya terus berbaring, namun apakah Anda tidak tahu, bahwa hal itu akan memperburuk sakit yang Kita derita.

Lantas, apa yang harus Kita lakukan ketika terjangkit flu? Memperbanyak istirahat tentunya, namun selain itu, Kita harus banyak-banyak mengonsumsi makanan-makanan yang bisa meredakan atau meringankan sakit tersebut. Beberapa makanan peringan penyakit flu antara lain:

  • Jus buah serta sayuran, jus buah sangat membantu dalam penyembuhan. Hal ini dikarenakan jus banyak sekali mengandung antioksidan, dan antioksidan ini akan memperkuat daya tahan tubuh Anda,
  • Sup ayam, tidak hanya enak, sup ini akan menghangatkan tubuh Anda, beberapa penelitian juga mengungkap bahwa sup ayam bisa menanggulangi virus yang berada di tubuh.

Jika sudah beristirahat dengan cukup, memeriksakan diri ke dokter, serta menambah makanan dengan makanan-makanan yang sehat, tentu saja sakit ini dapat sembuh dengan cepat. Di musim penghujan, sakit flu memang sangat mudah menyerang, namun bila Kita menjaga kebersihan, tentu saja, penyakit ini tidak akan mudah menyerang tubuh Kita. Salah satu cara menjaga kebersihan ialah mandi teratur 2x dalam sehari. Akan lebih baik lagi bila Anda mandi menggunakan sabun anti bakteri Lifebuoy.

Penyebab Sakit Flu yang Harus Anda Waspadai

Sakit flu memang bisa menyerang siapa saja, bahkan kapan saja. Walaupun banyaknya penyakit ini bermunculan ketika musim penghujan, namun tidak menutup kemungkinan pada musim panas pun Kita juga bisa terkena penyakit ini. Mungkin sakit ini cukup ringan. Namun sangat menjengkelkan, bayangkan bisa seharian Kita tidak bisa bernafas dan enggan bergerak karena badan kurang enak.

Mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebab penyakit flu ini? penyebabnya antara lain:

  • Daya tahan tubuh yang memburuk, bila daya tahan tubuh Kita kurang baik, tentu saja Kita mudah terserang penyakit, salah satunya penyakit ini,
  • Kurangnya mengonsumsi vitamin D, seringkali Kita beranggapan bila vitamin C lah pengusir flu, bila kekurangan tentu saja akan terserang, namun penelitian membuktikan bahwa kekurangan vitamin D juga menjadi penyebab utama sakit ini,
  • Adanya virus atau alergi, tentu bila ada virus bersarang di tubuh Kita, Kita akan langsung terjangkit penyakit ini.

Salah satu cara untuk mencegah, tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang sehat, serta tidak sembarangan. Selain hal tersebut, memperbanyak vitamin serta asupan sayuran untuk daya tahan tubuh juga diperlukan agar Kita terhindar dari sakit flu ini. Selain hal tersebut, menjaga kebersihan baik lingkungan maupun kebersihan badan juga di perlukan, agar virus tidak mudah hinggap. Salah satu cara menjaga kebersihan badan tentu saja dengan mandi secara teratur.

 

Sumber artikel terkait : http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/kenali-perbedaan-flu-dan-pilek