Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan memang mahal jika diukur dengan uang. Maka dari itu, ada pepatah yang mengatakan “ lebih baik mencegah daripada mengobati “. Jika sudah terkena penyakit, tentunya satu hal yang sangat diinginkan adalah sembuh dan sehat kembali agar dapat melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan. Untuk tindakan pencegahan, tentunya makanan yang sehat menjadi langkah pertama.

Berikut ini adalah makanan yang sehat serta baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Bayam. Betaine yang terkandung pada bayam sangat berguna untuk kesehatan jantung manusia. Dengan mengkonsumsi bayam atau dua jenis sayur lainnya secara rutin setiap hari, maka 25 % akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.
  2. Ikan. Sudah menjadi pengetahuan umum jika ikan adalah sumber omega 3 asam lemak yang dapat melindungi jantung manusia dengan berkurangnya peradangan dan pembekuan darah. Lemak pada ikan ini juga sangat efektif untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah ikan yang memiliki lemak, seperti ikan salmo, tuna, herring, dan lain sebagainya paling tidak dua kali dalam seminggu guna untuk merawat kesehatan jantung.
  3. Kacang kedelai. Asam lemak tak jenuh yang terdapat pada kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan jantung manusia. Asam lemak ini akan mencegah adanya pengerasan yang terjadi pada pembuluh nadi. Selain itu, asam lemak tak jenuh ini juga akan menurunkan kolesterol jahat yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.