Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes seringkali mengalami pantangan makanan yang harus dihindari, karena dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan terutama kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol. Biasanya kandungan karbohidrat yang terlalu tinggi ataupun makanan dan minuman yang terlalu manis justru dapat memicu diabetes. Maka dari itu, penderita diabetes harus pilih-pilih makanan dan minuman yang wajib di konsumsi maupun yang harus dihindari. Begitu juga dengan aktifitas sehari-hari pun jangan terlalu capek dan tidak di perbolehkan mengangkat barang-barang yang terlalu berat. Berikut ini beberapa makanan untuk diabetes yang harus di konsumsi bagi para penderita diabetes:

  1. Sayuran hijau, dalam sayuran hijau terdapat brokoli, selada, bayam, dan lainnya. sayuran hijau tersebut dapat dapat mencegah abnormalitas di bagian peredaran darah yang diakibatkan diabetes melitus. Sayuran hijau ini juga sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil agar tidak terkena penyakit diabetes.
  2. Mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, kentang panggang, nasi beras merah, sereal dan roti yang terbuat dari biji-bijian yang utuh.
  3. Buah segar, pada buah terdapat serat yang baik yang bermanfaat bagi tubuh dalam proses penyerapan kadar gula dalam darah. Selain itu, serat juga baik untuk sistem pencernaan dan dapat menghilangkan sembelit. Jika sayuran dan buah tersebut dibuat jus hindari penggunaan gula.
  4. Hindari makanan yang di goreng, pastikan makanan tersebut di rebus. Sayuran yang baik bagi penderita diabetes adalah bayam dan brokoli.
  5. Jenis ikan salmon, tuna, sarden sangat baik di konsumsi bagi penderita diabetes.
  6. Popcorn tawar atau tanpa rasa.
  7. Olahan susu yang rendah lemak serta telur.

Itulah beberapa makanan untuk diabetes , dari sekian banyak sumber makanan dan minuman tersebut, hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan seperti nasi putih. Pada nasi putih mengandung kadar gula dan tinggi karbohidrat dan tidak baik dikonsumsi bagi pederita diabetes. Begitu juga dengan minuman yang manis harus dihindari.