Makanan Sumber Asupan Lemak yang Baik Untuk Kesehatan

Lemak adalah salah satu zat gizi yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan asipan energi pada tubuh kita. Akan tetapi, kebutuhan lemak haruslah bisa diperhatikan dengan baik agar konsumsi makanan sehari-hari tidak sampai memberikan asupan lemak yang berlebih. Pasalnya konsumsi makanan sumber lemak dalam takaran yang terlalu tinggi justru akan menaikkan kadar kalori dalam tubuh yang pada akhinya berujung pada peningkatan berat badan. Di dalam lemak terkandung asam lemak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk sebagai sumber energi serta berperan dalam membantu mengelola vitamin yang larut pada lemak. Nah, lemak sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yakni lemak jenuh, tak jenuh dan juga trans. Lemak yang baik dan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita adalah jenis lemak tak jenuh yang terdiri dari tunggal dan ganda.

Makanan Sumber Asupan Lemak yang Baik Untuk KesehatanMakanan Sumber Asupan Lemak yang Baik Untuk Kesehatan

Lemak tak jenuh ini adalah asupan zat gizi yang perlu untuk kita penuhi dari makanan sumber lemak sehat setiap harinya secara cukup. Sedangkan untuk konsumsi makanan sumber lemak jenuh dan juga lemak trans harus dapat dibatasi betul agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Lantas, apa saja makanan sumber zat gizi lemak jenis lemak tak jenuh yang dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan ? Berikut ini antara lainnya :

 

  1. Lemak Tak Jenuh Tunggal

Mulai dari kelompok lemak tak jenuh tunggal, beberapa makanan yang kaya akan zat gizi tersebut antara lainnya adalah buah alpukat, kemudian kelompok kacang kacangan, baik kacang almpond, kacang mede, sampai dengan olahan kacang seperti selai kacang. Selain itu juga, minyak sayur adalah salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang dapat dipilih untuk memberikan asupan lemak baik pada tubuh.

 

  1. Lemak Tak Jenuh Ganda

Beralih pada lemak tak jenuh ganda, sumber makanan lemak tak jenuh ganda pun ada sangat banyak dan umumnya jenis lemak yang satu ini bisa dijumpai pada minyak yang asalnya dari tumbuhan seperti minyak kanola, minyak jagung. Selain itu, asam lemak omega 3 adalah zat gizi yang termasuk ke dalam jenis lemak tak jenuh ganda, yang mana zat gizi ini dapat memberikan manfaat pada perkembangan fungsi otak, menstabilkan kerja jantung, sampai dengan menstabilkan tekanan darah. Ikan salmon, ikan tuna adalah beberapa makanan sehat sumber omega 3. Makanan sumber lemak tak jenuh ganda yang lainnya lagi adalah mentega lunak, biji-bijian seperti biji bunga matahari, sampai dengan tahu dan kecap dari kacang kedelai.