Makanan Sehat untuk Keluarga

Keluarga merupakan sekelompok kecil atau sekelompok besar di dalam sebuah rumah, yang terdiri dari Ayah sebagai kepala keluarga, Ibu sebagai ibu rumah tangga, Kakak, Adik, Kakek, Nenek, Paman, Bibi dan seterusnya. Setiap keluarga menginginkan hidup sehat dan jauh dari berbagai penyakit, salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat untuk keluarga. Kesehatan keluarga sangat penting dan harus tetap dijaga, karena keluarga yang sehat itu selalu memperhatikan berbagai aspek kehidupannya, mulai dari kesehatannya, kebutuhan hidupnya, kekompakan, sampai makanan yang dikonsumsi setiap harinya harus memiliki nilai gizi yang cukup untuk terciptanya keluarga yag sehat dan sejahtera.

Mengapa kesehatan keluarga sangat penting? Tentunya bila salah satu anggota keluarga ada yang sakit, bisa jadi seluruh keluarga akan sedih dan kelimpungan alias kerepotan untuk membantu menyembuhkan. Apa sajakah makanan sehat yang wajib di konsumsi oleh keluarga Anda setiap harinya? Berikut akan dijelaskan seputar makanan sehat an aktivtitas lainnya untuk keluarga:

1. Cukupi karbohidrat anggota keluarga

Cukupi karbohidrat Anda dan keluarga dengan mengkonsumsi nasi yang teratur dan tidak berlebih, apabila kelebihan mengkonsimsi karbohidrat, tidak baik pula bagi kesehatan, karena karbohidrat berlebih akan menimbulkan berbagai macam penyakit dan berdampak negatif bagi tubuh. Sebaiknya asupan karbohidrat tidak hanya mengkonsumsi nasi saja, bisa diganti dengan sumber karbohidrat lainnya, seperti oat atau gandum, nasi beras merah, nasi jagung, atau singkong, jika keluarga Anda terbiasa dengan nasi beras putih tidak ada salahnya, namun porsinya tetap dijaga dan tidak melebihi sumber karbohidrat berlebih pada tubuh arena akan berdampak bagi kesehatan seperti obesitas dan memicu terjadinya penyakit lainnya.

2. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup dan setiap harinya bergantian agar idak mudah bosan dan asupan gizi bagi tubuh seimbang. Sebelum mengkonsumsi buah dan sayur, sebaiknya Anda memperhatikan kebersihannya, karena banyak terkandung zat kimia pada saat ditanamnya, terkecuali sayuran dan buah organik.

Cuci terlebih dahulu buah dan sayur dengan menggunakan sabun khusus yang dapat membersihkan buah dan sayur sebelum dimasak atau dimakan.

3. Konsumsi protein

Konsumsi protein yang cukup, tidak hanya protein hewani, protein dari nabati pun bisa Anda kombinasikan dengan baik, karena setiap orang memiliki selera masing-masing, ada yang kurang suka dengan daging atau ikan, maka protein nabati dapat Anda manfaatkan sebagai penggantinya.

4. Olah raga rutin

Olah raga rutin setidaknya dilakukan minimal seminggu sekali untuk memperlancar metabolisme tubuh tetap sehat dan tidak terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh yang berlebih.

Demikian tips untuk menjaga kesehatan keluarga dengan pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan yang baik bagi tubuh Anda sekeluarga.

Semoga bermanfaat…!