Makanan Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

makanan penderita darah tinggi

Tekanan darah adalah keadaan ketika jantung berdetak dan memompa darah ke seluruh bagian tubuh, maka  sebagian darah akan mendorong pembuluh darah. Dorongan yang terjadi pada pembuluh darah inilah yang disebut  dengan tekanan darah. Tekanan darah tinggi biasanya bila diukur diatas 120/90 , karena itulah angka normal. Menderita penyakit ini  memang  biasanya memiliki makanan yang harus dihindari. Hal ini bertujuan agak zat/zat atau makanan yang salah tidak memperparah atau menimbulkan komplikasi pada penyakit lainnya. Dalam usaha untuk menurunkan tekanan darah tinggi maka kita harus mengatur menu makanan. Berikutlah pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi :

1. Makanan berlemak apabila dikonsumsi terlalu banyak dan  berlebihan  tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pada orang yang menderita tekanan darah tinggi, konsumsi  makanan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan darah menjadi menempel dengan dinding pembuluh darah, atau juga penyumbatan pada arteri yang  membuat darah menjadi deangan mudah menggumpal.

2. Kelebihan karbohidrat. Kelebihan karbohidrat sederhana dapat mempengaruhi peningkatan kadar gula dan insulin di dalam darah secara cepat. Contohnya seperti nasi, kentang, roti putih dan gula/pemanis buatan.

3. Kelebihan protein lemak. Hati-hati jika anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari kelebihan protein tinggi lemak jenuh, karena bisa menimbulkan penimbunan lemak dan memacu penyakit lainnya, contohnya seperti daging merah, ikan, makanan dengan lemak yang tinggi, daging ayam  berkulit , daging-dagingan serta kuning telur.

4. Hindari makanan kadar garam tinggi. Total asupan bagi penderita tekanan darah tinggi maksimal 2.400mg atau cukup satu sendok the saja perharinya. Hindarilah makanan yang banyak mengandung garam.

5. Hindari Minuman alkohol. Alkohol berpotensi merusak dinding arteri yang dapat mengakibatkan penyakit  jantung.

6. Kurangi minum kopi. Cafein yang tinggi di dalam kopi bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.

7. Hindarilah merokok. Merokok bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya selain tekanan darah tinggi seperti stroke, membahayakan jantung, paru-paru dan organ lainnya.

8. Kurangilah asupan gula dan pemanis buatan, karena dengan kelebihan gula  juga dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain seperti diabetes.  Pakailah pemanis dari Tropicana slim , gula jagung yang  rendah kalori .

Berikut artikel tentang  pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat.