Macam Fungsi Vitamin A dan Sumber Makanannya

Macam Fungsi Vitamin A dan Sumber Makanannya

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang tak larut dalam lemak dan kita dapat jumpai di berbagai sumber makanan sehat. Mencukupi kebutuhan vitamin A dalam konsumsi harian menjadi hal yang sangat penting. Banyak fungsi zat gizi Vitamin A yang bisa didapatkan oleh tubuh.

Nah, berikut ini beberapa fungsi dari vitamin A :

Menjaga kesehatan mata. Sepertinya fakta yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar orang. Anda sendiri kiranya telah mengetahui bukan ? Vitamin A memang erat kaitannya dengan kesehatan mata. Vitamin A atau retinol punya fungsi utama untuk membuat mata lebih sehat sehingga kualitas pengelihatan pun dapat dijaga dengan baik.

Melindungi kesehatan rongga hidung. Fungsi zat gizi yang satu ini tentu tidak cuman terpaku pada kesehatan mata juga, namun kesehatan bagian tubuh lainnya juga turut serta terjaga. Salah satunya ialah rongga hidung. Vitamin A punya kemampuan untuk mengikat serta meningkatkan keadaan tubuh selalu berada dalam kondisi yang terbaik, terlebih di bagian selaput lendir rongga hidup supaya tetap mampu untuk menyaring oksigen dan membawa partikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas.

Menghambat pergerakan sel kanker. Dengan mengkonsumsi sumber makanan yang kaya vitamin A setiap hari dapat mencegah munculkan DNA yang ada di dalam sel kanker tumbuh.

Pada ibu hamil, kecukupan vitamin A penting untuk membantu menjaga perkembangan oragan tubuh bayi yang ada di kandungan ibu.

Menjadi anti oksidan aktif dan kuat. Kandungan retinol yang dipunyai oleh vitamin A sangat aktif untuk menghadang partikel beracun yang diusung oleh radikal bebas di dalam tubuh maupun di luar tubuh.

Selain itu, fungsi zat gizi vitamin A yang lain lagi adalah dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti campak dan diare pada anak dan balita. Lalu juga mampu untuk melindungi anak dari resiko kekurangan gizi, mempebaiki jaringan yang luka, dan lain sebagainya. Banyak sumber makanan yang kaya akan vitamin A. Mulai dari sayuran bisa dijumpai pada wortel, paprika, bayam, dan juga cabai merah. Lalu buah-buahan vitamin A bisa dijumpai pada pepaya, apel, buah naga, pisang, mangga. Selain itu konsumsi vitamin A lainnya bisa didapatkan dari umbi-umbian, hati sapi, olahan susu, minyak hati ikan kod, sampai dengan lada merah.