Langkah Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Langkah Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sebuah quote yang berbunyi “Mecegah Lebih Baik Daripada Mengobati” bukan hanya sebuah quote biasa. Karena memang pada kenyataannya seperti itu. Melakukan pencegahan penyakit sejak dini adalah langkah yang jauh lebih baik ketimbang mengobati ketika sakit sudah datang. Inipun berlaku juga untuk mata. Mata adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Antra lainnya adalah sebagia berikut :

Memeriksakan mata secara rutin ke dokter. Tidak mengenal tua, muda, laki-laki atau perempuan, setiap orang pada dasarnya perlu untuk memeriksakan kesehatan matanya. Paling tidak periksakan kesehatan mata ke dokter spesialis mata 2 tahun sekali supaya kita dapat menjaga fungsi mata dengan baik dan juga mengantisipasi apabila terjadi gangguan pada mata supaya dapat segera ditangani sebelum sampai prah. Untuk yang sudah berusia diatas 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata secara rutin setahun sekali ataupun dua kali guna mencegah datanya penyakit mata di usia lanjut.

Langkah kedua adalah gunakan kacamata hitam ketika berada di luar ruangan yang panas. Ini adalah cara untuk menjaga kesehatan mata dari bahaya sinar ultraviolet. Terlalu sering terkena sinar ultraviolet bisa membuat mata bermasalah yang salah satunya adalah katarak.

Jangan terlalu lama menatap laptop, komputer, smartphone dan benda elektronik lainnya yang mengandung radiasi. Bukan hanya tidak baik untuk kesehatan mata, kebiasaan tersebut juga bisa membuat sakit kepala, leher nyeri atau bahkan juga sakit pada bahu dan punggung. Jika memang pekerjaan anda dituntut untuk menatap komputer atau laptop dalam waktu yang lama, berikan jeda paling tidak 20-30 menit untuk mengalihkan pandangan mata ke 6 meter dan mengistirahatkan mata. Ini tujuannya adalah untuk mengurangi ketegangan mata.

Konsumsi makanan bergizi secara seimbang. Sudah bukan menjadi rahasia tentunya kalau makanan bergizi adalah bagian dari langkah efektif untuk menjaga kesehatan. Tidak terkecuali juga dalam menjaga kesehatan mata. Beberapa asupan zat gizi yang diperlukan untuk membantu dalam mencegah masalah pada mata antara lainnya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, omega-3, sampai dengan lutein. Beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah wortel, tomat, sayuran hijau, kacang-kacangan sampai dengan ikan salmon dan tuna. Konsumsilah makanan sehat secara seimbang.