Langkah Mudah Mencegah Biang Keringat pada Anak

Biang-Keringat

Gangguan kesehatan pada bayi memang menjadi perhatian lebih untuk para orang tua, khususnya para ibu. Salah satu penyakit yang sering di derita bayi adalah biang keringat. Biang keringat pada anak biasanya terjadi karena kelenjar pada permukaan kulit sang anak tersumbat. Akibatnya keringat tidak dapat keluar dengan sempurna hingga terjadi penggumpalan. Biang keringat sering terjadi pada anak-anak karena kelenjar keringat pada usia balita belum berfungsi secara sempurna.

Gejala timbulnya biang keringat atau yang sering disebut dengan keringat buntet pada anak ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna merah dipermukaan kulit. Bintik-bintik merah tersebut berisi air dan kulit yang menderita biang keringat berwarna merah. Gangguan ini biasanya menyebabkan gatal sehingga membuat penderita merasa tidak nyaman. Biasanya bagian tubuh yang diserang yakni bagian leher, punggung dan paha.

Untuk mengatasi biang keringat pada anak anda, berikut adalah tips yang bisa anda contoh:

  1. Memilih bahan pakaian yang nyaman yakni dapat menyerap keringat seperti bahan kain katun.
  2. Jangan gunakan pakaian yang ketat karena dapat menyumbat aliran keringat.
  3. Memperhatikan sirkulasi udara di rumah. Usahakan rumah mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Jika anda tidak mempunyai kipas angin dan AC dirumah, maksimal kan ventilasi di rumah anda.
  4. Memandikan anak secara rutin yakni 1 atau 2 hari sekali agar tubuh sang anak tetap terjaga kebersihannya.