Kamu Harus Tahu! Efek Samping Minum Teh Hijau Setiap Hari

Sudah kita ketahui khasiat yang terkandung didalam teh hijau ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita, baik didalam maupun diluar tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan hingga dibuat menjadi masker wajah. Seluruh bagian dari tanaman ini, mulai dari kuncup, daun, dan batang teh hijau bisa digunaka untuk berbagai keperluan kesehatan.

Fungsi kesehatan tersebut diantaranya mencegah kanker, memperbaiki fungsi otak,, depresi, sakit kepala, diare, gangguan perut, dan lain lain. Teh hijau pun dipercaya mampu menurukan resiko penyakit jantung, diabeter, tekanan darah rendah, kelelahan gigi kronis, batu ginjal, dan masih banyak lagi.

Tapi tahukan kamu? Sama seperti tanaman teh yang lainnya, teh hijau juga mengandung senyawa kafein sekitar 2 sampai 4 persen. Maka dari itu, mengkonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan 3K: kegoyahan, kegelisahan, dan kegugupan. Apa saja bahaya lain dari mengkonsumsi teh hijau secara berlebih?

Baca Juga :

Akan kita suguhkan untuk kamu para tea addict.

1. Masalah perut

Karena kafein bisa meningkatkan asam diperut dan menyebabkan masalah pencernaan. Efek sampingnya bisa berupa rasa sakit atau mual (bukan mual karena hamil ya, hihi)

2. Masalah tidur

Bagi kamu yang ingin menikmati teh hijau dimalam hari, disarankan untuk mengurungkan niatnya, kenapa? Ingat! Teh hijau mengandung kafein yang merangsang sistem saraf dan membuatmu terjaga semalaman bahkan bisa berakibat insomnia. Karena kandungan kafein dalam teh hijau dapat menghambat bahan kimia penginduksi tidur di otak dan mempercepat produksi adrenalin.

3. Sakit kepala

Tidak disarankan sekali bagi penderita sakit kepala untuk meminum teh, karena dapat menyebabkan sakit kepala semakin parah karena kandungan kafein didalamnya.

4. Malnutrisi zat besi

Kamu pun bisa terserang penyakit anemia lho disebabkan efek samping minum teh hijau setiap hari. Sebab, berkurangnya penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Teh hijau mengandung tanin dan polifenol yang mana disebut sebut menghalangi penyerapan zat besi tersebut dengan mengikat besi, sehingga tubuh tidak menyerapnya secara maksimal dengan kapasitas yang diperlukan.

5. Terjadi kontraksi pada otot

Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan kejang otot dan kedutan. Disebabkan kafein yang dikaitkan dengan syndrome kaki yang gelisah, memaksa otot berkontraksi dan menyebabkan kejang otot pada bagian kaki.

6. Diare

Kamu pasti bete kalo harus bolak balik kamar mandi disebaban kebiasaanmu kan? Makanya, kita sarankan untuk makan dahulu sebelum kamu menikmati secangkir teh hijau dipagi hari agar kejadian di point ini tidak kamu rasakan.

7. Muntah

Berdasarkan info yang kami miliki, para peneliti dari negeri Bollywood atau yang kita kenal dengan istilah India mengungkapkan bahwa polifenol dalam teh hija dapat menyebabkan stress oksidatif. Dimana jika terlalu banyak meminumnya dapat memicu perut mual dan kamu bisa “jackpot”. Oleh karena itu, para peneliti menyarankan untuk membatasinya, dari 300 sampai 400mg/hari.

8. Gangguan kadar gula darah

Jika diantara kamu ada yang menderita diabetes maka sarankanlah untuk tidak mengkonsumsi teh hijau karena bisa mengganggu kontrol gula darah. Apalagi penderita diabetes tipe 2 juga sebaiknya tidak meminum teh hijau. Sebab, bisa menyebabkan gangguan pada kadar insulin.

9. Picu osteoporosis

Kafein dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebih. Tentu saja kita tidak menginginkan hal tersebut, apalagi jika kamu sedang dalam masa pertumbuhan dimana jika terganggu dapat menyebabkan pertumbuhan tidak maksimal. Teh hijau dapat meningkatkan ekskresi kalsium yang menyebabkan densitas tulang mengalami penurunan.

Karena itu, tiga cangkir per hari adalah jumlah yang wajar bagi orang yang sehat. Maka dari itu, dosis minum teh hijau harus menjadi perhatian karena jika dikonsumsi berlebihan pun akan menimbulkan efek samping pada tubuh seperti point point yang telah kita simak bersama diatas. Terutama kalau kamu punya kondisi kesehatan tertentu seperti insomnia (susah tidur), refluks asam lambung (GERD), anemia defisiensi besi, dan sebagainya. So, kalo kamu punya kondisi-kondisi tertentu yang gejalanya akan tambah parah dengan mengkonsumsi teh hijau, batasilah menjadi satu atau dua cangkir saja sehari ya.