Jenis Makanan untuk Orang Diabetes yang Menyehatkan

makanan untuk orang diabetes

Siapa tak ingin hidup sehat? Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang selalu fit dan terhindar dari penyakit. Namun, tidak banyak orang yang sadar akan pentingnya mengatur pola hidup agar terhindar dari penyakit. Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia adalah diabetes. Ketika seseorang menderita diabetes, maka makanan untuk orang diabetes juga tentu berbeda dengan jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh orang-orang biasa. Pasalnya, diabetes ini bisa rentan memicu komplikasi jika memang tidak memperhatikan pola asupan makanan pada tubuh penderita.

Sangat penting untuk penderita diabetes dalam mengatur pola makan sebaik mungkin, dari mulai jenis makanan apa yang dikonsumsi, hingga jadwal makan setiap hari. Ketika pola makan diabaikan, maka akan memicu peningkatan kadar glukosa yang bisa meningkatkan resiko komplikasi, seperti penyakit jantung, ginjal, dan lain-lain. Beberapa jenis makanan untuk orang diabetes diantaranya adalah:

  • Dalam brokoli terdapat kandungan sulforaphane yang dapat membantu melindungi dan memperbaiki dinding pembuluh darah akibat dari adanya diabetes atau kerusakan pada kardiovaskular. Brokoli juga bisa membantu meningkatkan detoksifikasi alami pada tubuh, mengontrol gula darah, dan meningkatkan insulin.
  • Selain brokoli, makanan lain yang direkomendasikan adalah bayam, tomat, collard greens, dan sayuran hijau lainnya, serta Susu dan Yoghurt low fat, Kacang-kacangan, cokelat hitam, dan lain-lain.
  • Selain dikenal dengan kandungan protein yang tinggi, ikan juga mengandung banyak omega-3 dan asam lemak yang bisa membantu menyembuhkan peradangan. Mengkonsumsi ikan juga bisa mengurangi terjadinya komplikasi. Tips dalam mengkonsumsi ikan adalah dengan cara dikukus dan dipanggang.
  • Penderita diabetes juga penting untuk memperhatikan konsumsi gula sehari-hari.

Namun kini, dengan munculnya beragam produk Tropicana membuat penderita diabetes tak perlu lagi khawatir untuk menikmati makanan yang manis. Tropicana memang dirancang untuk orang-orang yang gemar mengkonsumsi makanan manis, namun memiliki kepedulian akan pola makan sehat. Tropicana juga bisa dikombinasikan dengan makanan untuk orang diabetes lainnya agar lebih nikmat dikonsumsi.