Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit Pada Bayi

Bedak Bayi yang Aman

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Iritasi Kulit Pada Bayi

Setiap orang tua tentunya sangat menginginkan buah hatinya yang baru lahir senantiasa sehat selalu dan bertumbuh secara baik. Maka dari itulah, perawatan yang maksimal perlu dilakukan oleh orang tua. Perawatan bukan hanya memperhatikan supan gizinya saja, namun kulitnya juga tidak kalah penting untuk selalu diperhatikan kesehatannya. Kulit si kecil masih tipis dan sangat rentan mengalami iritasi jika tidak dijaga secara baik. Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan kulit di kecil agar tidak mengalami iritasi adalah memilih bedak bayi yang aman beserta perlengkapan kosmetik lainnya mulai dari sabun, shampoo, lotion dan sejenisnya. Keseharian si kecil memang tidak bisa dijauhkan dengan beragam perlengkapan perawatannya. Selain kosmetik, juga ada popok yang bisa jadi salah satu penyebab iritasi pada kulit bayi. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi mengalami iritasi kulit

1. Penggunaan Popok Sintetis atau Celana Berlapis Plastik

Pemakaian popok sintetis ataupun celana dengan lapis plastik yang telalu lama tidak diganti bisa menjadikan iritasi secara langsung pada kulit si kecil. Pasalnya, urin ataupun kotoran yang mengandung amonia tertimbun dalam tertutupnya di daerah popok. Daerah kulit yang tertutup tersebut membunyai kelembapan yang lebih ketimbang daerah kulit yang lainnya sehingga perkembangbiakan jamur penyebab iritasi juga lebih mudah.

2. Penumpukan Keringat

Penumpukan keringat yang terlalu lama juga bisa menyebabkan bayi mengalami iritasi kulit. Terlebih penumpukan keringat terlalu lama di daerah lipatan-lipatan seperti ketiak, lipatan lutut, leher dan lain sebagainya

3. Kosmetik yang Tidak Tepat

Kosmetik jelas menjadi salah satu penyebab iritasi pada kulit bayi jika pemilihan dan juga penggunaanya kurang tepat. Seperti bedak, ibu dan ayah penting memperhatikan mana bedak bayi yang aman dan mana yang tidak. Harus bisa cermat dalam memilih. Pilihlah yang terbuat dari bahan-bahan alami dan sudah teruji oleh hypoallergenic untuk meminimalkan resiko bayi mengalami iritasi. Anda bisa memilih bedak dan perlengkapan kosmetik lainnya produk dari Zwitsal yang keseluruhan produknya sudah teruji hypoallergenic. Selain memilih bedak bayi yang aman, penting juga untuk menggunakannya secara tepat pula. Jika kosmetiknya aman namun penggunaannya tidak cepat tentu akan percuma.

4. Susu Formula

Penyebab iritasi kulit selanjutnya pada bayi adalah susu formula. Susu formula yang memiliki kadah pH tinggi bisa menyebabkan bayi mengalami alergi yang biasa ditandari dengan kulit yang kemerahan.

Baca juga artikel: Teh Hijau Dengan Jeruk Nipis? Hmm Apa Khasiatnya?