Hindari Penyebab Penyakit Diare Dengan Cara Mudah Ini!

Anak-anak seperti kita ketahui, dekat sekali penyebab penyakit diare. Meskipun tidak bisa juga disimpulkan bahwa orang dewasa tidak dapat terkena penyakit perut satu ini. sebenarnya penyebab penyakit ini sepele, yaitu makanan yang tidak bersih. Dimana tidak bersih ini bisa karena makanannya sendiri, bisa karena tangan atau media kita memakannya yang tidak bersih. Dua-duanya bisa dicegah dengan mudah, asalkan anda disiplin melaksanakan cara ini.

Jika memang diare disebabkan karena media untuk makan, khususnya tangan yang kotor. Maka mau tidak mau anda memang harus disiplin melakukan cuci tangan. Dengan cuci tangan, maka kotoran penyebab diare bisa luntur. Namun ada syaratnya, yaitu:

  1. Cuci tangan harus dengan air mengalir,
  2. Harus menggunakan sabun,
  3. Tidak hanya membersihkan bagian yang tampak, tapi juga yang tersembunyi seperti sela-sela jari sampai ujung kuku,
  4. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan.

Dari cara diatas, terlihatnya mudah untuk dilakukan. Tapi kembali lagi jika hal ini tidak dibiasakan sedari anak-anak, terkadang ketika tumbuh dewasa mereka menyepelekannya. Apalagi di masyarakat kita, orang biasa menggunakan mangkuk untuk cuci tangan. Padahal hal ini tidak akan menghindarkan kita dari penyebab penyakit diare. Karena kuman masih berada di satu tempat yang sama. Untuk itulah ketika mencuci tangan perlu digunakan air mengalir dan juga sabun agar kumannya mati. Jadi, ayo mulai kebiasaan cuci tangan dari sekarang!