Mengenal Gejala Penyakit Disentri Pada Bayi

Mengenal Gejala Penyakit Disentri Pada Bayi

Sistem pencernaan pada bayi belumlah sempurna. Hal ini menyebabkan berbagai resiko penyakit dapat mengganggu dan menyerang sistem pencernaan. Salah satu contoh penyakit tersebut ialah disentri yang sangat mengganggu kesehatan. Penyakit disentri pada bayi dapat menyebabkan berbagai macam gejala kesehatan yang sangat mengganggu bahkan terkadang tidak terduga. Resiko penyakit dan gejala yang ditimbulkan akibat disetri sebaiknya diperhatikan dan dikenali dari sekarang supaya kondisi fisik bayi senantiasa terjaga.

Sejauh ini, disentri diketahui terjadi karena pengaruh infeksi bakteri, makanan yang tidak higienis, lingkungan yang kurang bersih dan lain-lain. Terlepas dari penyebabnya, ada banyak gejala yang timbul jika disentri mulai mengganggu kesehatan bayi.

Penyakit Disentri

Penyakit Disentri

Berikut ini beberapa gejala umum yang biasanya dialami oleh anak-anak atau bayi yang mengalami masalah pencernaan, yaitu:

  1. Lebih rewel dan mudah mengamuk.
  2. Kapasitas buang air besar meningkat, namun buang air kecil lebih jarang dari biasanya.
  3. Kondisi badan semakin lemah dan terlihat pucat.
  4. Timbul demam dan panas dingin pada badan.
  5. Lebih susah untuk makan.

Jika tidak segera ditangani, penyakit disentri yang menyerang bayi dapat menimbulkan masalah dan gejala yang lebih buruk lagi. Resiko dehidrasi akan semakin tinggi sehingga kondisi tubuh si kecil semakin jauh dari kesan fit. Untuk itu, melakukan konsultasi dengan dokter harus segera dijalani supaya anak bisa mendapatkan penanganan medis yang lebih efektif dan menghindari hal-hal resiko yang lebih buruk lagi. Selain itu, berbagai macam upaya juga perlu dilakukan sehingga resiko disentri bisa dicegah dan ditanggulangi dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar penyakit disentri pada bayi dan keluarga bisa dihindari ialah dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan dengan baik, misalnya dengan membiasakan diri untuk menggunakan sabun kesehatan Lifebuoy yang kualitasnya terbukti. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu memastikan bahwa makanan yang diberikan pada bayi adalah makanan sehat yang bersih dan higienis sehingga tidak terkontaminasi dengan berbagai macam resiko seperti kuman dan juga bakteri. Apabila upaya sudah dilakukan dengan baik, otomatis kondisi tubuh bayi akan selalu prima dan fit.

Baca juga: Cara Merawat Penangan Dua Bayi Kembar