Gejala Hipertensi dan Pencegahannya

gejala hipertensi dan pencegahannya

gejala hipertensi dan pencegahannya

Menerapkan gaya hidup sehat menjadi keharusan bagi setiap orang sehingga tetap dapat hidup dengan sehat dan minim terserang penyakit. Selain penyakit yang ringan, terdapat penyakit yang dapat memicu penyakit berat yang lainnya dan salah satunya adalah hipertensi. Penyakit tekanan darah tinggi tersebut dapat memicu penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes. Terdapat gejala hipertensi dan pencegahannya yang dapat Anda terapkan sehari-hari sehingga Anda dapat meminimalkan resiko terkena hipertensi atau tidak memperparah hipertensi.

Penyakit hipertensi dapat diketahui dengan cara melakukan pengkuran tekanan darah. Normalnya, tekanan darah berada di bawah 120/80 mmHG namun jika dari beberapa pengukuran Anda memiliki angka tekanan darah yang mencapai 140/90 mmHG atau lebih tinggi dari angka tersebut, maka Anda dianggap memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Beberapa gejala dari penyakit tekanan darah tinggi, diantaranya yaitu:

  • Mimisan.
  • Sesak nafas.
  • Sakit kepala yang berkepanjangan.
  • Pandangan mata menjadi kabur atau mengalami penglihatan ganda.
  • Pucat.
  • Berkeringat berlebihan.
  • Mudah lelah.

Tekanan darah tinggi disebut juga sebagai penyakit silent killer karena dapat membunuh tanpa disadari oleh penderitanya. Tidak signifikannya ciri hipertensi dan pencegahannya harus dimulai dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Hal ini dikarenakan jika tidak ditangani dengan serius, penyakit hipertensi dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang lainnya misalnya stroke, jantung ataupun diabetes. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit hipertensi. Beberapa langkah yang dapat Anda terapkan sehari-hari untuk menurunkan resiko terkena penyakit tekanan darah tinggi yaitu:

  • Mengkonsumsi air putih yang cukup yaitu minimal 8 gelas per harinya. Air putih tidak hanya dapat berfungsi untuk tetap menjaga kadar air dalam tubuh namun juga dapat memperlancar pencernaan sehingga membuat berat badan menjadi cepat menurun, dan menurunkan resiko hipertensi.
  • Berolahraga teratur misalnya dengan melakukan jalan sehat, bersepeda ataupun lari.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat misalnya sayuran hijau, kacang-kacangan.
  • Mengurangi atau berhenti merokok dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein misalnya kopi.

Anda juga harus memperhatikan jumlah garam yang Anda konsumsi. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan gejala hipertensi dan pencegahannya adalah dengan meminimalkan segala makanan yang mengandung banyak garam. Tentunya hal tersebut menjadi kurang nyaman bagi Anda yang suka rasa asin atau makanan Cina yang biasanya menggunakan kecap asin sebagai salah satu konsumsinya. Namun, saat ini Anda dapat mempergunakan kecap asin dari Tropicana Slim untuk masakan sehari-hari Anda. Kecap yang bebas gula ini mengandung tingkat sodium yang rendah hingga 64% dari kecap asin biasanya sehingga dapat dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet, menderita hipertensi ataupun menderita diabetes. Jadi, pilih kecap asin Tropicana Slim untuk campuran masakan Anda sehari-hari!

Baca juga: Apakah Fisioterapis Itu ?