Gatal Pada Kulit ? Coba Atasi dengan Obat Alami Ini

Gatal Pada Kulit Coba Atasi dengan Obat Alami Ini

Gatal pada kulit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat sering dialami oleh sebagian besar dari kita. Bahkan sepertinya semua orang juga pernah mengalami gatal pada kulitnya. Hanya saja tingkat keparahannya yang mungkin berbeda-beda. Gatal di kulit bisa menjadi sebuah hal yang biasa saja dan tak perlu dikhawatirkan, namun bisa juga sebagai indikasi sebuah penyakit yang lumayan serius. Kondisi kulit yang gatal akan membuat kita refleks untuk menggaruknya agar segera hilang rasa gatal tersebut. Karena memang gatal jelasnya sangat mengganggu. Anda yang mungkin ketika gatal punya kebiasaan menggaruk, ketahuilah bahwa menggaruk kulit yang gatal bukanlah solusi untuk menghilangkan gatalnya. Justru bisa beresiko membuat iritasi bahkan dapat membuat gatal lebih parah.

Gatal Pada Kulit Coba Atasi dengan Obat Alami Ini

Nah, gatal pada kulit sendiri terjadi bisa dikarenakan beberapa faktor. Bisa dikarenakan bakteri, jamur, alergi, virus, gigitan hewan seperti gigitan semut, ataupun bisa juga karena paparan zat kimia, atau dikarenakan masalah psikologis seperti stress. Gatal juga bisa timbul dikarenakan orang yang mengalami tersebut menderita penyakit yang membuat dirinya merasakan kulitnya gatal-gatal. Untuk mengatasi gatal pada kulit bisa dengan memanfaatkan beberapa obat alami yang antara lainnya adalah sebagai berikut ini :

 

  1. Kunyit, temulawak dan daun sambiloto

Ramuan yang terdiri dari campuran beberapa tanaman obat yakni kunyit, temulawak dan juga daun sambiloto dapat sebagai pilihan obat alami untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit. Ramuan ini efektif untuk dipakai sebagai obat gatal yang terjadi karena alergi. Untuk membuatnya, cara yang bisa dilakukan adalah kupas 20 gram kunyit, 30 gram temulawak, kemudian bersihkan juga 10 gram daun sambiloto. Jika semua sudah bersih, rebus ke dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring, kemudian minum sarinya sehari dua kali.

 

  1. Daun Salam

Obat alami berikutnya yang bisa dipilih untuk mengobati gatal adalah daun salam. Di dalam daun salam terkandung antibiotik alami yang cukup efektif untuk menyembuhkan gatal. Cara penggunaannya adalah siapkan daun salam secukupnya dan cuci sampai bersih. Haluskan dengan cara ditumbuk dan kemudian tempelkan pada bagian kulit yang gatal.

 

  1. Daun Mahkota Dewa

Selain daun salam, obat alami dari luar yang bisa digunakan untuk menghilangkan gatal adalah daun mahkota dewa. Untuk penggunaannya sendiri siapkan beberapa daun mahkota dewa, cuci bersih, dan tumbuk setengah halus. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang gatal.

 

  1. Daun Sirih dengan Kulit Manggis

Kedua bahan ini jika dijadikan satu dapat menjadi obat alami yang efektif untuk mengatasi gatal. Untuk cara pemakaiannya siapkan kurang lebih 20 lembar daun sirih dan juga 100 gram kulit manggis. Cuci kedua bahan tersebut sampai bersih dan rebus dengan air secukupnya. Lalu pakai air tersebut untuk membasuh bagian kulit yang gatal secara perlahan.