Faktor Utama Risiko Penyakit Jantung Pada Perempuan

Faktor Risiko Penyakit Jantung Pada Perempuan

Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian terbesar bagi kaum pria. Tetapi, bukan berarti perempuan tidak bisa terkena penyakit ini. Ada beberapa gejala paling umum yang menandai terjadinya serangan jantung seperti rasa sesak di dada, nyeri, dan pusing. Kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari, terutama pola makan yang tidak sehat sangat berpengaruh pada gangguan kesehatan jantung. Ini bukan penyebab tunggal. Masalah pada jantung juga dipicu kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga dan stres yang berkepanjangan.

Terlebih lagi pada wanita perokok, gangguan kesehatan jantung akan lebih berpotensi. Hal ini disebabkan karena ketidakstabilan hormon estrogen dalam tubuh akibat paparan zat nikotin. Padahal, estrogen merupakan horom penangkal penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa faktor utama risiko penyakit jantung pada perempuan antara lain sebagai berikut :

  • Berhenti menstruasi
  • Merokok
  • Riwayat keluarga penyakit jantung sebelum usia 60 tahun
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Kolesterol tinggi

Langkah awal adalah dengan melakukan deteksi dini seperti mengukur tekanan darah, mengetahui kadar gula darah dan kolesterol, serta mulai melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu sendiri dapat dimulai dengan melakukan olahraga yang teratur yakni minimal 30 menit sebanyak 4 kali seminggu seperti jalan cepat atau jogging, berhenti merokok serta menjaga tekanan darah di bawah 120/80 mmHg, kadar kolesterol total kurang dari 175 mg/dL, kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL dan kadar gula darah puasa kurang dari 100 mg/dL.

Penyakit jantung pada umumnya dianggap sebagai penyakit untuk kaum pria. Namun pada kenyataannya, satu dari empat perempuan meninggal karena penyakit kardiovaskular. Jumlah ini lebih banyak dari kematian yang disebabkan oleh semua jenis penyakit kanker. Jantung merupakan organ yang fungsinya sangat vital bagi tubuh manusia. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung sangatlah penting demi kelangsungan hidup. Mulailah sayangi jantung anda dengan membiasakan pola hidup sehat dan kenali gejal-gejala awal penyakit jantung pada umumnya.