Difteri Sudah Masuk Sebagai Kejadian Luar Biasa, Pastikan Menerapkan 3 Hal Ini untuk Mencegahnya

difteri

Penyakit Difteri

Belakangan ini cukup mewabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium, yaitu jenis bakteri yang menjadi pemicu penyakit difteri, bahkan beberapa waktu lalu penyakit ini dikatakan sebagai salah satu kejadian luar biasa karena sudah merenggut belasan nyawa anak-anak. Lalu sebenarnya apa penyakit difteri ini? Mungkin masih terdengar baru, yaitu sebuah penyakit yang diawali dengan gejala seperti radang tenggorokan, demam hingga terbentuknya lapisan pada selaput amendel. Penyakit ini bisa dikatakan memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit tenggorokan yang lainnya.

Namun jangan disepelekan, karena ternyata dampaknya amat sangat berbahaya, meskipun gejala awalnya terlihat seperti penyakit ringan, namun sudah banyak nyawa melayang karena penyakit ini. Hal ini disebabkan karena difteri tak hanya menyerang bagian tenggorokan saja, melainkan juga organ-organ vital dalam tubuh, diantaranya adalah jantung dan juga sistem syaraf, hal inilah yang menyebabkan anak-anak yang memang paling rentan terjangkit kondisi kesehatannya secara langsung akan memburuk hingga memasuki fase kritis, untuk itu patut diwaspadai.

Untuk mencegah terjangkit penyakit berbahaya tersebut, maka berikut ini ada beberapa langkah yang bisa digunakan, diantaranya adalah:

  1. Melakukan vaksinasi atau imunisasi kepada buah hati, fungsi imunisasi sangatlah banyak, diantaranya adalah untuk membuat anak-anak menjadi kebal terhadap beberapa penyakit berbahaya, faktanya anak-anak yang terjangkit difteri hingga meninggal dunia ternyata adalah mereka yang sebelumnya tak pernah mendapatkan imunisasi.
  2. Pastikan untuk menjaga lingkungan dan juga tempat tinggal agar selalu bersih, kebanyakan diantara penyakit ini memang menjangkiti lingkungan atau tempat tinggal yang kumuh, karena bakteri penyebab difteri umumnya memang berkembang biak dalam kondisi lingkungan kotor, sehingga pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan.
  3. Pastikan bahwa buah hati langsung mendapatkan perawatan dari medis ketika sudah terlihat tanda-tandanya, apapun jenis penyakitnya ketika tak segera mendapatkan pertolongan medis maka akan memberikan dampak berbahaya kepada si kecil. Karena kondisi kesehatannya yang masih sangat rentan dibandingkan dengan orang dewasa.

Itulah setidaknya beberapa langkah yang bisa dilakukan agar buah hati Anda terhindar dari penyakit difteri.