Diet Ideal Untuk Penderita Diabetes

Untuk mengatasi diabetes dokter anda atau penasihat diet anda akan menganjurkan diet ideal untuk penderita diabetes.  Diet tersebut tergantung pada beberapa factor yang mencakup kebiasaan makan anda, gaya hidup, usia, jenis kelamin, pekerjaan, kadar kolesterol darah, adanya tekanan darah tinggi, dan beberapa masalah kesehatan lainnya, jika ada.

Beberapa penelitian telah mengidentifikasi bahwa orang gemuk yang mempertahankan berat badannya menggunakan banyak energi dari pada dengan orang dengan berat badan normal. Ini hanya dapat terjadi jika mereka mengonsumsi lebih banyak energi daripada biasanya. Dibawah ini akan dijabarkan beberapa pendekatan yang efektif untuk mengurangi pasokan kalori dan karenanya menurunkan berat badan.

  • Menghitung pasokan dan penggunaan energi anda.

Jika berat badan anda stabil, dokter anda atau penasihat diet anda pertama-tama akan menghitung jumlah pasokan energi harian dengan menggunakan suatu rumus standar.

  • Target berat badan yang diinginkan

Dokter anda akan menganjurkan agar anda berusaha mencapai suatu berat badan dalam rentang yang dapat diterima ketimbang berat badan ideal anda. Rentang ini bisanya dipersiapkan untuk berbagai kelompok umur, jenis kelamin, dan diarahkan pada harapan hidup terpanjang. Kebanyakan spesialis menganjurkan berat badan yang dapat diterima sebagai per body mass index (per index massa tubuh). Anda dapat menghitung indeks massa tubuh dengan membagi berat badan anda dalam satuan kilogram dengan tinggi badan anda dalam satuan meter persegi.

Berat badan anda dianggap normal dan anda akan memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih rendah jika indeks massa ubuh anda kurang dari 25. Jika indeks berada antara 25 dan 30, anda dianggap kelebihan berat badan dan berisiko mengalami masalah kesehatan. Jika indeks massa tubuh anda lebih dari 30, berarti anda kegemukan dan berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

  • Memprediksi rasio penurunan berat badan

Anda dianjurkan untuk menghindari harapan yang tidak masuk akal tentang diet pelangsing tubuh. Penurunan berat badan yang ideal adalah sekitar 1-2 kg per bulan. Anda juga cenderung mempertahankan berat badan dalam waktu yang lebih lama jika anda menurunkan berat badan secara bertahap.

  • Merencanakan diet yang sesuai

Dokter anda akan merekomendasikan diet yang tinggi karbohidrat, tinggi, serat, dan rendah lemak untuk merangsang dan melanggengkan penurunan berat badan. Anda akan tetap kehilangan berat badan dengan diet seperti ini, bahkan jika pasokan kalori total anda tidak menurun. Jika anda tidak mengonsumsi serat yang cukup dalam diet anda, ada resiko peningkatan kadar kolesterol dalam darah, yang pada akhirnya akan memperburuk diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *