Cara Sederhana Namun Efektif Mencegah Penyakit Diabetes

penyebab diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis adalah suatu penyakit yang diakibatkan dari tidak efektifnya metabolisme tubuh yang mengakibatkan insulin tidak bisa diproduksi oleh organ pankreas. Hal ini akan menakibatkan glukosa dalam darah meningkat dan mengalami penumpukan. Penyakit gula ini juga bisa menimbulkan beberapa penyakit komplikasi lainnya seperti kebutaan, jantung, ginjal dan penyakit lainnya. Penyebab diabetes mellitus ini juga beragam. Dari mulain genetika sampai dari kebiasaan makan yang tak sehat. Nah bagaimana cara mencegah penyakit diabetes mellitus agar tidak menyerang anda? Berikut ini cara sederhana namun sangat efektif mencegah penyakit diabetes.

1. Kurangi Makanan Tinggi Glukosa

Banyak memakan makanan dengan tinggi glukosa bisa menyebabkan glukosa dalam darah meningkat secara cepat. Hal ini akan membuat serangan penyakit diabetes lebih cepat terjadi. Dengan mengurangi makanan yang mengandung glukosa tinggi, anda akan terhindar dari penyakit ini. Karena jika asupan gula di kurangi, maka glukosa dalam darah yang sudah tinggi tidak akan mengalami peningkatan lagi. Kebiasaan makan cemilan biasanya akan menaikan glukosa dalam darah, karena cemilan biasanya mengandung glukosa yang tinggi.

2. Olahraga Teratur

Dengan olahraga yang teratur dan terus menerus, maka metabolisme akan berjalan dengan baik, pembakaran gula pun akan terjadi dengan baik dalam tubuh. olahraga yang baik adalah olahraga yang dikerjakan dengan tidak dipaksakan. Jika olahraga secara dipaksa, maka hasilnya bukan baik malah akan mendatangkan cedera pada tubuh bahkan malah mengganggu kesehatan.

3. Hindari Minuman Bersoda

Minuman soda terlihat sangat nikmat dan menyegarkan,. Namun bagi anda yang mempunyai penyakit diabetes minuman ini sangatlah tidak baik bagi anda. Minuman bersoda bisa menyebabkan kegemukan karena Dalam minumam bersoda terdapat kandungan gula yang tinggi. Kandungan yang tinggi ini jika anda konsumsi dengan terus menerus maka kadar gula dalam darah juga akan cepat meningkat. Dan berat badan pun akan semakin cepat meningkat.

4. Menghindari Makanan Siap Saji

Zaman sekarang banyak sekali orang yang menginginkan kemudahan. Dengan adanya makanan siap santap sangatlah membantu sekali. Dengan harga yang murah dan penyajian yang sangat cepat dan mudah, makanan ini sangat laku dijual dipasaran. Namun dengan berbagai kemudahan tersebut, dalam makanan siap santap ini biasanya terdapat berbagai risiko buruk yang bisa timbul. Diantaranya bisa menjadi penyebab diabetes yang sangat berbahaya.