Cara Praktis Cek Gula Darah Sendiri Di Rumah

Kadar Gula

Cara Praktis Cek Gula Darah Sendiri Di Rumah

Kadar gula darah menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh secara menyeluruh, sebab apabila jumlah gula yang terkandung dalam darah terlalu tinggi atau rendah akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Jadi melakukan pengecekan gula darah sebenarnya harus dilakukan secara rutin guna mengontrol dan menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Jaman sudah semakin maju dan berkembang termasuk teknologi dalam bidang kesehatan dimana saat ini sudah ada alat cek gula darah secara elektronik. Selain harganya murah, alat ini juga cukup akurat untuk mengecek kadar gula dalam darah apakah normal atau berlebihan.

Inilah Cara Mudah Cek Gula Darah Menggunakan Glukosa Tester

Mungkin terlalu repot apabila harus bolak balik ke rumah sakit hanya untuk cek kadar gula darah, memang harus diakui hasil pemeriksaan laboratorium lebih akurat namun dengan test sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah pun cukup baik jika hanya ingin mengecek kadar gula darah. Apalagi tester kit gula darah sudah semakin canggih saja sehingga keakuratan-nya semakin presisi.

Anda hanya perlu membeli tester kit yang banyak dijual di apotik, didalamnya sudah termasuk jarum untuk menusuk jari, strip indikator untuk meletakan sampel darah. Cara menggunakannya sangat mudah, yakni pertama tama bersihkan dulu ujung jari yang nantinya akan diambil sampel darahnya. Membersihkannya dapat menggunakan alkohol yang diteteskan pada kapas.

Selanjutnya siapkan juga jarum tusuk steril dan langsung tusukan ke ujung jari, tekan nanti akan keluar sedikit darah yang langsung ditempelkan pada ujung strip. Jangan lupa mencuci kembali bekas tusukan tadi supaya tidak terjadi infeksi. Silakan masukan strip yang sudah terkena darah tadi kedalam glukosa tester kit, tunggu beberapa saat hingga hasil kadar gula darah muncul pada layar kecil dalam bentuk angka digital.

Yang perlu anda ketahui setelah melakukan cek tersebut yakni kadar gula darah yang tercantum dalam layar kecil tester kit, apabila berada diantara 70 – 150 mg/dl maka termasuk normal. Jadi apabila melebihi batasan normal maka dapat dipastikan seseoang menderita Diabetes.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara mengukur kadar gula darah secara mandiri di rumah dan semoga informasi tadi berguna bagi setiap pembaca. Jangan lupa untuk menggunakan Tropicana sebagai penganti gula harian anda guna menjaga kadar gula dalam tubuh tetap normal sehingga resiko terkena diabetes dapat diminimalisir.

Baca juga: Manfaat & Khasiat Dari Teh Hijau Sariwangi