Cara Merawat Penangan Dua Bayi Kembar

kehamilan kembar

Kehamilan kembar pada janin di dalam perut ibu merupakan anugerah tersendiri dari Tuhan untuk kebahagiaan kedua orang tuanya, sebab tak jarang pula dari para orang tua mendambaakan anak kembar baik laki – laki maupun perempuan hanya ada suatu keistimewaan yang sungguh berbeda. Namun dari para ibu yang masih belum bisa mengetahui ciri – ciri dari kehamilan ini dan masih menduga – duga. Ada yang bilang karena dari faktor persamaan genetika, sejarah keturunan, perut hamil yang lebih besar atau sebagainya. Pada umumnya gejala hamilnya anak kembar ini tak jauh beda dengan hamil secara normal, meski begitu ada tanda hamil anak kembar tanpa menggunakan alat kehamilan, antara lain.

Dalam hal penanganan dua bayi sekaligus pada dasarnya memerlukan tenaga dan kemampuan ekstra. Disini adalah beberapa hal yang hendak diberi perhatian lebih.

1. Pengolahan tubuh. Wanita yang mengalami kehamilan kembar memiliki resiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi, sebab selama hamil mengandung dua janin atau lebih perlu berolahraga secara teratur seperti senam Kegel untuk menguatkan otot panggul.

2. Perlu adanya pertimbangan bila membutuhkan jasa atau kerabat untuk merawat bayi kembar setelah lahir, seperti halnya menyusui dan merawat keduanya sekaligus yang melelahkan, apalagi bila ada pekerjaan domestik lain.

3. Biaya yang harus disiapkan untuk dua anak sekaligus, mulai dari dana untuk perlengkapan kedua bayi sampai masa pendidikan kedepannya. Namun untuk mengendalikan biaya, beberapa perlengkapan seperti pakaian, mainan, dan sepatu bisa juga dengan memperoleh dari kerabat yang sudah tidak menggunakannya lagi. Akan tetapi untuk beberapa peralatan yang membutuhkan standar keselamatan lebih baik tetap dibeli baru, seperti kursi makan, kereta bayi (stroller) dan sebagainya.

Begitulah persiapan yang baik untuk dilakukan dalam menghadapi tantangan baru yang dialami oleh ibu yang menjalani kehamilan kembar khususnya agar dapat disiasati, sehingga keahagiaan ganda bisa didapatkan bagi yang melakukannya. Sedangkan persiapan saat berada dalam janin kembar, beri asupan gizi dengan meminum susu khusus ibu hamil seperti Lactamil.