Cara Merawat Kulit Bayi dengan Memilih Baju yang Tepat dan Nyaman

merawat kulit bayi

Kulit bayi yang lembut haruslah selalu dijaga dengan baik agar tak terjadi iritasi atau luka. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan kelambu di tempat tidurnya untuk menghindari gigitan nyamuk, memandikannya secara teratur, serta memberikan lotion bayi Zwitsal sehabis mandi. Namun selain cara-cara di atas, cara merawat kulit bayi juga tak bisa dilepaskan dari pemilihan pakaian.

Pakaian memegang peranan sangat penting bagi kebersihan dan kehalusan kulit bayi. Jika baju yang dipakai terlalu ketat, tentu akan membuat bayi berkeringat dan tidak nyaman, begitu juga dengan bahannya. Kalau Anda menggunakan bahan nilon yang panas di Indonesia misalnya, jelas bayi tak akan merasa nyaman. Bahkan bahan-bahan kain yang kasar bisa membuat kulitnya menjadi iritasi.

Agar kulit bayi tetap terawat, maka simaklah tips merawat kulit pada bayi dengan memilih pakaian secara tepat berikut ini:

Simak Tips Cara Merawat Kulit Bayi Berikut

  1. Bahan katun
    Baik itu baju, celana, ataupun popok kain, pastikan Anda memilih kain dari bahan katun. Bahan ini lembut, tipis, menyerap keringat, dan sejuk untuk bayi, sehingga mencegah terjadinya gatal-gatal serta ruam.
  1. Pakaian longgar
    Baju yang longgar akan membuat bayi merasa lebih nyaman, kulitnya bisa bernapas, dan terhindar dari kemungkinan kulit yang lecet karena tergesek.
  1. Tak mudah luntur
    Ini karena baju yang mudah luntur akan membuat pewarnanya terserap ke kulit bayi, yang tentu saja sangat berbahaya.
  1. Jahitan rapi
    Jahitan rapi yang lembut dan tak kasar akan membuat baju jadi lebih nyaman dipakai dan tak membuat gatal, sehingga kulit bayi tak lecet karenanya.
  1. Tak perlu aksesoris berlebih
    Baju-baju bayi dengan pita dan bros memang terlihat lucu dan menarik, namun belum tentu nyaman dipakai bayi. Selalu utamakan agar bayi merasa nyaman.

Memberikan bayi pakaian yang tepat adalah salah satu dari cara merawat kulit bayi. Percuma jika Anda memandikan si kecil secara teratur, atau memberikan kelambu di tempat tidurnya, kalau Anda memberikannya pakaian yang membuat gatal dan gerah. Jadi, pilih baju yang nyaman, dan cucilah dengan tepat menggunakan deterjen cair. Tak perlu pewangi, asalkan baju tersebut bersih.