Cara Mengatasi Kolesterol Supaya Tidak Kambuh Lagi

cara menurunkan kolestrol

Jika anda termasuk sekelompok orang yang suka mengkonsumsi makanan berlemak atau berminyak patut waspada terhadap penyakit kolesterol yang akan di derita. Terlebih jika munculnya gejala spesifik seperti kepala sering merasa pusing, leher belakang sering kaku, pegal dan kram pada tangan dan kaki bisa dijadikan tanda awal penyakit kolesterol atau terkadang suka mengalami kesemutan padahal posisi anda tidak sedang kaku.

Ketimbang hal itu sangat menggangu aktivitas anda, oleh karenanya diperlukan upaya dan tindakan preventif/ pecegahan sebelum kadar kolesterol semakin tinggi. Perlu kita ketahui bersama kolestrol pun juga bisa mengendap dan melekat di dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit kronik lainnya seperti hipertensi/ tekanan darah tinggi, jantung kororer hingga stroke. Berikut dibawah ini cara mengatasi kolesterol supaya tidak kambuh lagi.

Konsumsi Makanan Penurun Kolesterol

 

minyak zaitun

Ada banyak makanan yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah seperti kacang kacangan seperti almond, mete, kacang macadamia dan lainnya. Selain itu anda juga dapat menganti minyak goreng menjadi minyak zaitun karena lebih sehat dan dapat meningkatkan kadar HDL dalam darah. Olive/ minyak zaitun mengandung 80 persen lemak tak jenuh yang sehat.

Lebih dari itu anda perlu juga mengurangi konsumsi minyak goreng dalam setiap makanan, seperti gorengan tempe, tahu, bakwan dan sejenisnya karena secara akal sehat dan kasat mata kita sudah bisa berfikir bahwa minyak yang digunakan bukanlah minyak tak jenuh dan di gunakan berkali-kali.

Olahraga Teratur

olahraga teratur, cegah kolestola

Anda juga harus berolahraga supaya fisik semakin prima dan memperlancar peredaran darah. Dengan olahraga secara teratur maka tubuh akan dapat menangkap kolesterol bebas dalam darah, membakar lemak sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak perlu melakukan olahraga ektrim, cukup lari pagi selama minimal 20 menit saja setiap hari akan memberikan dampak menyehatkan.

Sebagai analogi, Anda dapat membayangkan air yang mengalir dalam suatu selang, olahraga akan berusaha melancarkan air tersebut sehingga bisa keluar dari selang. Sementara bagaimana bisa di alirkan air tersebut bila tidak berolahraga, belum lagi kolestrol akan menjadi penyumbat sehingga aliran air tidak lancar. Tentunya juga kasihan jantung Anda dalam bekerja bila anda tidak membantunya dengan cara berolahraga, baca juga : Penyebab Penyakit Jantung

Hindari Asap Rokok

hindari asap rokok,cegah sakit jantung

Asap rokok mengandung bermacam macam zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan, jadi untuk mencegah kolesterol naik maka anda harus bebas dari asap rokok. Perlu anda ketahui asap rokok termasuk radikal bebas yang tidak boleh diremehkan begitu saja karena dapat merusak organ tubuh dalam jangka panjang seperti pembuluh darah, paru paru dan jantung.

Konsumsi Sayur Dan Buah

sayur & buah untuk cegah kolestrol

Sangat disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi buah yang mengandung banyak fitosterol seperti alpukat karena mampu secara langsung menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli juga mengandung vitamin dan mineral yang dbutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan

Kurangi Asupan Gula

Turunkan Gula Darah dengan Mengganti Konsumsi Pemanis gula, cegah kolestrol

Kebiasaan mengkonsumsi gula terlalu banyak setiap hari akan memicu terjadinya obesitas atau kegemukan yang mana sebagian besar penderitanya pasti memiliki kadar kolesterol tinggi. Jadi anda sangat disarankan untuk kembali mengatur asupan gula harian anda dengan hanya menggunakan gula rendah kalori Tropicana setiap hari dengan begitu penyakit berbahaya seperti diabetes melitus, hipertensi, kolesterol tinggi dapat dicegah.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi kolesterol supaya tidak kambuh lagi, yang jelas diperlukan tindakan konsisten dari anda untuk bisa mengikuti semua anjuran diatas dengan demikian penyakit berbahaya tidak akan muncul lagi dalam kehidupan anda.