Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner dengan Menghindari Makanan Tertentu

cara mencegah penyakit jantung koroner

Salah satu upaya atau bagian dari cara mencegah penyakit jantung koroner ialah dengan menghindari beberapa jenis makanan. Sebab diketahui makanan dengan kandungan bahan tertentu mampu meningkatkan resiko penyakit jantung di dalam tubuh. Jika tidak menghindarinya maka dikhawatirkan akan memicu masalah kesehatan yang lebih parah. Sebab beberapa kandungan makanan yang kadarnya melebihi ambang normal akan memicu masalah pada kinerja jantung. Sebagai organ vital dalam kehidupan jika ada masalah dengannya maka akan meningkatkan resiko kematian.

Mempertahankan nafas bisa mencoba cara mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dengan tidak mengkonsumsi jenis makanan pantangan seperti:

  1. Daging khas dalam,

Jika mengetahui tubuh memiliki penyakit dengan jantung maka sebaiknya tidak sembarangan mengambil makanan. Sebab olahan yang dibuat dari daging khas dalam atau jeroan merupakan makanan pantangan. Sebab kandungan zat aktif dalam jeroan tersebut mampu menjadikan kadar kolesterol naik dalam waktu yang terbilang singkat. Ganti lauk protein hewani dengan jenis lauk yang menyehatkan agar terhindar dari resiko kematian.

  1. Olahan seafood,

Beberapa jenis ikan dengan kandungan omega 3 dan 9 efektif menurunkan gangguan jantung yang cukup berbahaya. Namun sebagian besar seafood sebaiknya dihindari sebab mayoritas menjadikan tubuh mengalami penumpukan kolesterol jahat. Sebut saja olahan udang, cumi-cumi, kepiting, kerang, remis, dan aneka jenis seafood lainnya. Meski enak dan memberikan sensasi tersendiri saat disantap namun efeknya bisa berbahaya bagi jantung. Apabila masih ingin tetap bisa bernafas dan tidak masuk ke UGD rumah sakit manapun. Usahakan tidak pernah bersentuhan apalagi memakan aneka seafood yang kolesterolnya tinggi tersebut.

  1. Beberapa jenis sayuran,

Makanan sehat identik dengan makanan yang berasal dari golongan sayuran, sayangnya bagi pemilik penyakit jantung. Sebaiknya untuk beberapa jenis sayuran dihindari dahulu sebab mengandung kolesterol yang lumayan. Jika memaksa untuk dikonsumsi maka jangan kaget jika muncul masalah kesehatan yang berkaitan dengan gangguan jantung. Adapun sayuran yang dipantang seperti bayam, daun pepaya, daun singkong, jamur kuping, buncis, dan kembang kol. Menghindari beberapa sayuran ini akan mensukseskan cara mencegah penyakit jantung koroner secara alami dengan efektif.