Cara Mencegah Penyakit Diabetes Paling Efektif

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Tidak sedikit dari kita yang menyadari bahwa sebenarnya mengistirahatkan tubuh secara cukup bisa menjadi sebuah treatment yang efektif dalam rangka melakukan cara mencegah penyakit diabetes. Sebelum kita membahas teori tersebut, ada baiknya bila kita juga mengenali lebih jauh apa itu diabetes dan juga penyebabnya. Penyakit satu ini bisa dilihat dari kadar gula dalam darah seseorang, yang mengalami ketidaknormalan dari seharusnya. Penyebabnya tentu saja karena terjadinya penumpukan zat gula dalam darah yang seharusnya bisa diproses oleh tubuh menjadi energi untuk beraktivitas.

Ketika penumpukan zat gula ini semakin menjadi, maka akibatnya akan membuat organ-organ yang memproses zat gula tersebut menjadi energi menjadi bekerja dua kali lebih keras dari yang seharusnya. Belum lagi bila ternyata organ-organ tubuh tersebut dipaksa senantiasa bekerja tanpa sekalipun beristirahat, maka yang terjadi adalah:

 Menurunkan kinerja dari organ tubuh tersebut, salah satunya adalah pankreas yang bertugas untuk menghasilkan insulin dalam jumlah cukup guna mengolah zat gula agar tidak menumpuk dalam darah,

 Membuat proses regenerasi sel-sel dalam tubuh menjadi berlangsung lambat atau bahkan tidak berproses sama sekali, sehingga bisa dipastikan akan banyak bagian tubuh yang cepat berkurang fungsinya,

 Menurunnya proses metabolisme tubuh sehingga akan banyak bertumpuk racun-racun dalam tubuh yang tidak bisa diolah dengan baik.

Ketiga hal inilah yang kemudian membuat kita harus berpikir tentang tips mencegah penyakit diabetes agar tidak sampai menjalar atau mempengaruhi organ tubuh lainnya. Salah satunya adalah dengan beristirahat dengan cukup, karena dengan istirahat maka:

1. Tubuh memiliki waktu untuk memulihkan dirinya sendiri ketika mengalami gangguan kesehatan,

2. Sel-sel pada tubuh bisa melakukan proses penggantian (regenerasi) secara otomatis terhadap sel yang telah rusak ataupun mati.

Pentingnya istirahat ini, tentu saja juga akan lebih berhasil bila kita juga mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat seperti olahraga teratur dan menjauhi rokok maupun alkohol. Bahkan bila perlu, maka Anda juga harus mulai melakukan program diet yang sehat untuk mengembalikan kondisi tubuh ideal. Jadi sebenarnya bila kita tahu cara mencegah penyakit diabetes ini, maka tidak mungkin penyakit ini akan menghinggapi.