Beberapa Obat Alami yang Efektif Untuk Meredakan Batuk

Obat Alami

Beberapa Obat Alami yang Efektif Untuk Meredakan Batuk

Beberapa Obat Alami yang Efektif Untuk Meredakan Batuk

Batuk bisa ditangani dengan berbagai obat alami yang bisa ditemukan di sekitar kita. Mulai dari buah, sampai dengan rempah-rempah adalah bagian dari bahan-bahan alami yang ampuh untuk mengatasi batuk yang tak jarang menyerang tubuh. Batuk merupakan sebuah respon yang diberikan oleh tubuh apabila ada benda asing yang masuk, terlebih yang berada di saluran pernafasan. Sehingga saluran pernafasan pun mengalami gangguan dan menimbulkan batuk. Batuk lebih tepatnya merupakan sebuah keluhan gejala dari sebuah penyakit bukan penyakit. Lalu, apa saja obat alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk ? Berikut ini beberapa diantaranya :

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan alami pertama yang bisa anda coba untuk meredakan batuk secara efektif. Sudah banyak yang membuktikan khasiat jeruk nipis dalam mengatasi batuk. Nah, untuk penggunaannya sendiri anda bisa campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dengan kecap. Konsumsi sehari dua kali.

  • Jahe

Jahe sudah dikenal di berbagai negara-negara Asia sebagai obat alami untuk meredakan batuk. Rasa hangat yang dapat diberikan oleh rempah-rempah yang satu ini terbukti ampuh untuk mengeluarkan dahak yang berasal dari paru-paru ataupun saluran pernafasan penderita batuk berdahak. Rasa hangat tersebut juga ampuh untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan yang kerap kali menjadi pemicu batuk. Anda dapat memanfaatkan jahe sebagai obat untuk batuk dengan cara campurkan dengan teh. Anda bisa menyiapkan 3 jahe ukuran sedang, cuci bersihm potong dan geprek. Campurkan dengan air hangat dan teh.

  • Nanas

Buah nanas juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami yang efektif untuk menangani batuk berdahak. Kandungan bromelain yaitu ekstrak protein yang dihadilkan buah nanas mempunyai peranan untuk meringankan batuk. Bromelain ini mampu untuk mengatasi batuk lantaran bisa untuk menekan pusat batuk serta juga meminimalisir produksi dahak pada tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsi buah nanas 1 kali sehari dalam porsi yang cuku.

  • Madu

Bahan alami berikutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi batuk adalah madu. Sebuah penelitian menghasilkan bahwa madu punya efek untuk meredakan batul. Dengan mengkonsumsi madu, rasa sakit di tenggorokan dapat berkurang lantaran madu punya kekentalan yang berguna sebagai pelapis serta juga untuk menenangkan lapisan mukosa tenggorokan yang meradang. Bahkan juga enzim tertentu yang dipunyai oleh madu dapat memberikan efek anti bakteri sehingga bisa mempercepat penyembuhan apabila ada infeksi bakteri dalam batuk yang anda alami. Untuk memanfaatkannya, cukup konsumsi 1 sendok makan madu asli sebanyak sekali atau tiga kali sehari.