Beberapa Makanan Sehat yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Makanan Sehat

Beberapa Makanan Sehat yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Beberapa Makanan Sehat yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol memang merupakan sebuah masalah kesehatan yang selalu dikaitkan dengan konsumsi makanan sehari-hari. Memang begitu adanya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah yang juga mampu menjadikan berbagai penyakit. Konsumsi yang salah dan dapat memicu kolesterol ini adalah konsumsi dari makanan yang banyak mengandung lemak jahat. Kemudian juga tidak diimbangi dengan olahraga. Sehingga menjadikan lemak jahat pun terpendam pada pembuluh darah serta jadi plak. Plak yang tertimbun akibat kolesterol dalam darah yang tinggi inilah yang bisa menjadikan berbagai macam penyakit tak terkecuali penyakit yang berbahaya sekalipun, seperti penyakit jantung, hipertensi bahkan juga stroke. Nah, mengingat bahwa kolesterol yang tinggi terjadi banyak dipengaruhi oleh konsumsi makanan sehari-hari, maka penting untuk kita sejak dini memperhatikan konsumsi harian. Ada beberapa makanan sehat yang bisa kita pilih karena kandungannya yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol. Apa saja makanan tersebut ? Berikut ini antara lainnya :

Gandum – Gandum maupun oatmeal merupakan salah satu konsumsi sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan dari gandum ini kaya serat larut yang mempunyai peran untuk meminimalisir penyerapan kolesterol sehingga bisa untuk mencegah penumpukan terjasi. Gandum juga menjadi makanan sehat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Kacang-kacangan – Jenis kacang yang baik dan mampu untuk menurunkan kolesterol antara lainnya adalah kacang almond, kemudian kacang mede, kacang hazelnut, juga kacang panjang. Jenis kacang-kacangan tersebut punya kandungan asam lemak nabati juga vitamin E yang berperan untuk melarutkan kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh. Namun perlu diingat bahwa manfaat jenis kacang-kacangan tersebut untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dapat optimal jika konsumsinya tidak disertai dengan bahan makanan lain yang justru memicu naiknya kadar kolesterol seperti gula atau minyak yang digunakan saat menggoreng.

Minyak ikan – minyak ikan menjadi makanan sehat selanjutnya yang mampu menurunkan kolesterol. Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak baik mulai dari omega 3, EPA dan juga DHA. Jenis ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol antara lainnya adalah salmon, makarel, tuna, sarden, trout, juga ikan kembung. Dengan mengkonsumsi jenis ikan-ikan tersebut bsia untuk menurunkan resiko pembekuan darah, lalu juga dapat meminimalisir resiko kematian mendadak karena penyakit jantung dan stroke, serta mampu untuk menstabilkan tekanan darah.